Tekan harga, bawang putih impor dari China dan India siap banjiri RI

Tekan harga, bawang putih impor dari China dan India siap banjiri RI
Ilustrasi bawang putih. Shutterstock/Timmary

Riauaktual.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia, Pieko Njotosetiadi, mengatakan pihaknya siap mendatangkan 100 kontainer bawang putih asal China dan India. Langkah ini dimaksudkan untuk menekan harga bawang putih yang sudah melambung tinggi mencapai Rp 56.000 per kilogram (Kg).

"Kami akan datangkan lebih awal bisa 100 kontainer 2.900 ton dari China dan India. Kebanyakan dari China, kalau dari India kecil sekali karena emergency dan susah jualnya. Menjelang Lebaran semoga bisa terpenuhi tiap minggu akan datang bertubi-tubi," katanya saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, sebagaimana dikutip dari merdeka.com, hari ini.

Menurutnya, bawang putih segar dengan kadar air yang masih tinggi akan dihargai sekitar Rp 23.000 per Kg. Sedangkan, untuk bawang putih yang telah dikeringkan sekitar Rp 38.000 per Kg.

"Rp 23.000 barang fresh sehingga HPP jauh lebih murah karena kadar air masih tinggi. Yang sudah dikeringin Rp 38.000," katanya.

Dirinya berharap pasokan bisa terus terjaga sepanjang Ramadan. Mengingat saat ini di beberapa negara penghasil bawang putih telah memasuki masa panen.

"Panen di China sudah masuk bertubi-tubi," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index