Pemkab Siak Apresiasi Kiprah Siak Heritage Community

Pemkab Siak Apresiasi Kiprah Siak Heritage Community
ilustrasi

Riauaktual.com - Sekretaris Daerah kabupaten Siak H.T.S Hamzah mengatakan, Pemkab Siak mengapresiasi partisipasi komunitas masyarakat dalam upaya penyelamatan dokumen dan arsip peninggalan Kesultanan Siak. Beberapa tahun belakangan berbagai upaya untuk mengumpulkan berbagai dokumen penting kesultanan terus dilakukan baik oleh Pemerintah Daerah, maupun komunitas pencinta sejarah.

"Setakat ini, dokumen penting tentang Kerajaan Siak berjumlah 167.158 judul naskah, akan tetapi masih ada sebagian dokumen lain yang masih disimpan oleh keluarga kerajaan, kerabat Sultan, serta pihak-pihak lainnya," sebutnya kemarin.
 
Hamzah juga secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada komunitas pencinta sejarah Siak Heritage Community (SHC), yang dinilai telah membantu pemerintah daerah dalam upaya penyelamatan dokumen sisa kejayaan emporium Melayu terbesar yang pernah berkuasa di Semenanjung Sumatera tersebut.

"Kami mendengar informasi terkait upaya yang dilakukan SHC untuk mengumpulkan kembali dokumen dan foto penting peninggalan Kerajaan Siak melalui Media Sosial seperti Facebook," kata Hamzah.

Ia juga berharap langkah SHC dapat diikuti masyarakat luas, agar mengumpulkan kembali dokumen kerajaan untuk diarsipkan kembali.

"Upaya penyelamatan dokumen sejarah ini bertujuan untuk dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi generasi kita kedepannya," tutupnya. (Jas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index