Pekanbaru dan Siak Jadi Sasaran Wisatawan

Pekanbaru dan Siak Jadi Sasaran Wisatawan
Tugu Ikan Selais di Kota Pekanbaru. int

PEKANBARU (RA) - Kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Provinsi Riau pada tahun 2012 ini diperkirakan meningkat dari tahun lalu, meski belum didapat data resmi, Kota Pekanbaru masih menjadi yang terbanyak dikunjungi.

"Untuk data pastinya baru bisa diperoleh awal Januari 2013, namun demikian dari perhitungan sejauh ini, jumlahnya meningkat dari tahun lalu," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Said Syarifuddin.

Syarifuddin menjelaskan untuk tahun lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung itu mencapai 45 ribu wisatawan, untuk wisatawan mancanegara, masih didominasi dari negara tetangga yakni Malaysia sebesar 72 persen dan Singapura 20 persen dan sisanya dari negara-negara lain.

"Untuk dearah tujuannya, Kota Pekanbaru masih yang paling banyak, lalu Siak dan lainnya. Jika dilihat dari daerah yang dikunjungi memang wisatanya masih wisata kota dan kuliner," tukasnya.

Disinggung untuk tahun 2013 mendatang, potensi wisata alam seperti Bono akan dijadikan priorotas untuk dikembangkan, namun itu juga harus bersinergi dengan Satuan Kerja (Satker) lainnya, seperti Dinas PU, Disperindag dan lainnya.

"Karena itukan tidak lepas dari yang namanya penyediaan infrastruktur yang memadai, jadi ini yang terus kita lakukan koordinasinya. Untuk potensi-potensi wisata lainnya juga akan terus dikembangkan. Sehingga diharapkan akan mampu menarik wisatawan dalam jumlah yang lebih banyak lagi berkunjung ke Riau ini," ungkapnya. (RA11)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index