Penetapan Harga TBS Kembali Turun Tipis

Penetapan Harga TBS Kembali Turun Tipis
ilustrasi

Riauaktual.com -  Di awal bulan Mei 2017, sepertiny harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit masih belum berpihak pada petani. Pasalnya, harga TBS tersebut masih berfluktuatif.

Berdasarkan hasil rapat penetepan harga TBS kembali mengalami penurunan. Penurunan harga TBS itu berdasarkan hasil rapat tim penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit Provinsi Riau di Dinas Perkebunan Provinsi Riau.

Kondisi ini disebabkan beberapa faktor, mulai dari internal maupun eksternal. Kendati demikian penurunan harga TBS Provinsi Riau No 18 periode 3 sampai 9 Mei 2017 diharapkan tidak berlangsung lama.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Penetapan Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Rina Rosalina, hal tersebut berdasarkan pembahasan bersam pihak-pihak terkait. Data tersebut jug bersumber dari hasil pembahasan dan diskusi yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan.

"Ya harga TBS mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan penurunan terbesar pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp47,80 per kilogram. Atau mencapai 2,69 persen dari harga pekan lalu, sehingga harga TBS periode ini menjadi Rp1.732,32 per Kg," tuturnya, sebagaimana dikutip dari mc riau, hari ini.

Ia menilai, faktor internal penurunan harga TBS disebabkan oleh turunnya harga jual CPO dan karnel dari seluruh perusahaan sumber data. Diharapkan, ke depa harga TBS akan membaik, sehingga berimbas positif bagi petani kelapa sawit.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index