Pemko Pekanbaru Kembali Operasikan Bus Air Selama Weekend

Pemko Pekanbaru Kembali Operasikan Bus Air Selama Weekend
bus air pekanbaru

Riauaktual.com - Jika tak ada aral melintang, akhir pekan ini Pemerintah Kota Pekanbaru akan kembali mengoperasikan bus air yang sudah "Mangkrak" beberapa bulan yang lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Hermanius mengatakan bahwa pengoperasian bus ini dilakukan, menyusul telah adanya titik temu antara Dinas Perhubungan terkait konsep pengaktifan armada sungai tersebut.

"Sabtu depan bus air atau kapal Senapelan Pekanbaru akan kita fungsikan kembali seperti semula," ujarnya, Rabu(3/5).

Guna memperkecil anggaran pengoprasian, lanjut Hermanius, bus air ini nantinya akan beroperasi dua kali dalam sepekan yakni pada hari Sabtu dan Minggu.

"Pengoprasian bus ini tidak sama seperti sebelumnya dan hanya dilakukan selama weekend atau sabtu minggu saja. Jumlah penumpang yang bisa diangkut hanya 50 Penumpang saja, " paparnya.

Hermanius menambahkan, jika bus air atau Kapal Senapelan ini diprioritaskan untuk angkutan wisata.

"Jadi kita akan sosialisasikan ke masyarakat, bus air bukan semata-mata kendaraan yang bersifat transportasi saja, melainkan juga angkutan pariwisata," jelasnya.

Dijelaskan Hermanius, beroperasinya bus air turut mengikut sertakan asosiasi seperti Asita Riau Dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Bus air ini melayani rute seputaran Sungai Siak yakni dari Pelabuhan Sungai Duku hingga Desa Okura dengan harga tiket sekali jalan Rp 15 ribu per orang. (yan)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index