Pemkab Pelalawan Segera Lelang Proyek Replika Peninggalan Sejarah Istana Sayap

Pemkab Pelalawan Segera Lelang Proyek Replika Peninggalan Sejarah Istana Sayap
lelang

Riauaktual.com - Pada APBD 2017 ini, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pelalawan telah menganggarkan proyek pengadaan replika benda-benda peninggalan sejarah Istana Sayap senilai Rp.500 juta.

Hal ini disampaikan Andi Yuliandri,S.Kom kepala Disparbudpora Kabupaten Pelalawan kepada wartawan, Selasa (2/5/2017). Ia juga menyebut, proyek pengadaan benda-benda bersejarah Istana Sayap senilai Rp. 500 juta masih sebagian saja. Karena jika lengkap seluruhnya dari benda- benda Istana Sayap secara keseluruhan bernilai Rp.1 Miliar lebih.

"Ya untuk proyek ini dilakukan secara bertahap dulu. Untuk tahap awal ini benda benda bersejarah yang akan diadakan seperti singgasana beserta tempat duduknya, kursi, tombak, keris, keramik dan lainnya. Tentunya kekurangannya akan dianggarkan kembali," ucap Andi.

Disinggung soal benda benda bersejarah yang masih bisa digunakan pasca istana Sayap terbakar pada tahun 2012 lalu, Andi Yuliandri menyatakan semuanya akan dilakukan pengecekan dan pencatatan untuk langkah berikutnya.

Begitu juga saat ditanyakan soal perkembangan bangunan Istana Sayap termasuk jadwal peresmian, andi Yuliandri menyebutkan masih berkoordinasi dengan PU dan Lembaga Adat Melayu (LAM).

"Ya wewenang bangunan ada di PU. masalahnya apakah Istana Sayap tetap diresmikan bangunannya meski belum ada replika benda - benda bersejarahnya atau menunggu replika benda- benda sejarah sudah ditempatkan di Istana Sayap. Kita masih dalam tahap koordinasi dan komunikasi," ujarnya. (JYP)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index