Sempena Mayday 2017

Buruh Inhu Sampaikan Lima Tuntutan

Buruh Inhu Sampaikan Lima Tuntutan
aksi buruh

Riauaktual.com - Peringatan hari buruh sedunia (Mayday) tahun 2017, Senin (1/5), Pekerja buruh Inhu mengelar aksi damai bertempat di ruang terbuka hijau (RTH) Rengat. Dalam orasi, mereka menyampaikan lima tuntutan terhadap pemerintah dan perusahaan.

Ketua Umum forum serikat pekerja serikat buruh Kabupaten Inhu, Mukson BBA ketika dikonfirmasi usai acara mengatakan sekitar lima ribu buruh yang hadir menyampaikan sebanyak lima tuntutan terhadap Pemerintah Inhu melalui dinas tenaga kerja dan perusahaan di Inhu untuk memperjuangkan nasib buruh.

Kelima tuntutan tersebut adalah agar menolak organisasi SP/SB yang tidak memiliki legalitas di bumi gerbang sari, bagi pengusaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup pekerja buruh.

Kemudian pemerintah agar dapat menyediakan perumahan murah bagi pekerja buruh, pemerintah juga supaya memberikan bea siswa kepada putra putri yang berprestasi serta pemerintah menindak tegas pengusaha yang tidak membayar upah pekerja buruh menimal sesuai UMK Inhu.

Karena sekitar 112 perusahaan di Inhu sebanyak 50 persen perusahaan yang nakal mengakibatkan kemiskinan buruh di Inhu.

"Untuk itu, pengukuhan forum lintas serikat pekerja serikat buruh yang tergabung 4 federasi yakni DPC FSPTI, DPC FSPPT, SBSI dan SBSI 1992 kedepan akan memperjuangkan hak hak normatif buruh. Sebab sekitar 50 persen perusahaan di Inhu yang nakal," ujarnya.

"Forum lintas serikat pekerja serikat buruh Inhu mengkafer seluruh buruh di Inhu untuk kesejahteraan buruh kedepan, karena dari 28 ribu buruh yang ada di Inhu baru 18 ribu masih terkafer sementara 10 ribu lagi berlum terkafer," katanya lagi.

Sementara Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyampaikan di hadapan ribuan buruh, bahwa Mayday di Provinsi Riau hanya digelar di Kabupaten Inhu, dan itu tandanya pemerintah di Inhu mendukung Mayday.

"Orasi tuntutan buruh tetap disikapi dan ditindaklajuti sesuai dengan aturan guna untuk kesejahteraan buruh di Kabupaten Inhu. Dan terima kasih kepada buruh di Inhu yang tertip melakukan mayday, serta aparat Kepolisian, dan berbagai pihak lainnya yang turut membuat acara ini berjalan dengan baik dan damai," pungkasnya. (obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index