Kado Hari Pendidikan Nasional, Ada Sekolah Hampir Roboh di Bengkalis

Kado Hari Pendidikan Nasional, Ada Sekolah Hampir Roboh di Bengkalis
Anggota DPRD kabupaten Bengkalis dr Morison Bationg Sihite saat meninjau langsung kondisi SDN

Riauaktual.com - Mimpi menjadikan Bengkalis sebagai Kota Pendidikan, sepertinya bak panggang masih jauh dari api. Bahkan menyambut Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Selasa tanggal 02 Mei besok, potret dunia pendidikan di Negeri Junjungan masih buram dan compang-camping diberbagai sisi.

Salah satu contohnya adalah infrastruktur di sektor pendidikan yang masih belum mendapat perhatian maksimal dari stake holder sektor tersebut. Seperti contoh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 038 yang terdapat di desa Sekodi kecamatan Bengkalis yang kondisi bangunannya hampir roboh.

Bangunan SDN 038 tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. Bangunannya sendiri terbuat dari batu namun ada penyangga ditengah ruangan belajar menggunakan kayu sehingga mengancam keselamatan siswa. SDN yang hanya memiliki 3 ruangan belajar tersebut lantainya berlobang-lobang termasuk lantai teras dan plafon serta dinding ditambal papan.

Anggota DPRD kabupaten Bengkalis daerah pemilihan Bengkalis-Bantan dr Morison Bationg Sihite yang sempat meninjau langsung kondisi SDN itu terkejut dan tak habis pikir dengan kondisi sarana pendidikan yang sangat tidak layak dipakai untuk kegiatan belajar mengajar tersebut.

"Kondisi sekolah itu sangat parah sekali, struktur bangunannya malah bisa mengancam keselamatan siswa. Masak ada kayu dipergunakan untuk menyangga platfon bangunan ditengah ruangan belajar, kalau kayu itu tumbang dan platfon roboh tentu bisa menimpa siswa," ucap Morison, Senin (1/5/2017) terkait hasil temuannya saat reses minggu lalu ke desa Sekodi.

Diceritakan Politisi Partai Demokrat tersebut, saat mengunjungi SDN 38 ia didampingi Khaidir penjabat Kades Sekodi dan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Sekodi. Kerusakan parah bangunan SDN 038 itu tidak bisa hanya mengandalkan perbaikan semata, tapi harus dilakukan pembangunan baru diseluruh bangunan.

"Pada Rapat Paripurna penyampaian hasil reses di DPRD Bengkalis nantinya masalah ini akan kita sampaikan melalui Fraksi Partai Demokrat. Kita mendesak Dinas Pendidikan Bengkalis secepatnya melakukan pembangunan baru sarana belajar mengajar tersebut, sehingga representatif untuk dipergunakan," tukas Morison.

Sementara itu Penjabat Kepala Desa Sekodi Khaidir menyebutkan kerusakan bangunan SDN 038 sudah terjadi sejak 7 tahun lalu. Pihak sekolah hampir setiap tahun mengusulkan perbaikan ke Disdik Bengkalis, namun belum ada realisasi sama sekali sampai sekarang.

“Sudah beberapa kali pihak sekolah mengusulkan, tapi belum ada respon untuk melakukan langkah perbaikan serta pembangunan baru sekolah bersangkutan. Dengan kehadiran anggota dewan dari dapil Bengkalis ini, kita minta supaya diperjuangkan untuk dilakukan perbaikan,” harap Khaidir.

Selain SDN 038 Desa Sekodi, kerusakan bangunan sekolah juga terjadi di SDN 053 Pelkun kecamatan Bengkalis dimana bangunan sekolah itu juga mengalami kerusakan berat dan belum dilakukan perbaikan sama sekali. Selain dua SDN tersebut diyakini masih ada puluhan sekolah baik tingkat SD sampai SLTA yang kondisinya juga lebih kurang serupa. (put)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index