BMKG peringatkan fenomena El Nino akan landa Indonesia

BMKG peringatkan fenomena El Nino akan landa Indonesia
bmkg

Riauaktual.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, memperingatkan akan datangnya El Nino pada musim kemarau nanti.

Menurut dia, wilayah Jatim saat ini (April-Mei) masih dalam masa transisi atau pancaroba, sedangkan awal musim kemarau diperkirakan akan masuk pada Juni mendatang.  

"Pada musim kemarau tahun ini terindikasi ada El Nino lemah, dan itu bisa berdampak terhadap musim kemarau semakin kering," kata Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya Eko Prasetyo di Surabaya, hari ini, sebagaimana dikutip dari rimanews.

Eko menambahkan, meski wilayah Jatim kini dalam masa pancaroba, tapi hujan deras disertai angin kencang dan petir masih berpeluang terjadi. Ia mengimbau masyarakat di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai, daerah dengan kemiringan tinggi, dan lereng gunung, untuk tetap waspada.

Sementara itu, menyinggung kondisi cuaca di perairan, ia menjelaskan bahwa kondisi gelombang di perairan Laut Jawa kini kondusif dengan tinggi gelombang 0,5-1 meter dan kecepatan angin sekitar 40 kilometer per jam.

Sedangkan di selatan Jatim atau Samudera Hindia harus diwaspadai karena tinggi gelombang mencapai 2-3 meter dengan kecepatan angin lebih dari 45 km per jam.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index