Ikuti Pembekalan Kepemimpinan

Harris : Pemimpin Daerah Adalah Pelayan Masyarakat

Harris : Pemimpin Daerah Adalah Pelayan Masyarakat
Bupati HM Harris saat mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri di Jakarta.

Riauaktual.com - Bupati Pelalawan HM Harris mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Kepala dan Wakil kepala Daerah tahun 2017 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Auditorium Gedung F Lantai 4 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Jalan Taman Makam Pahlawan No 8, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (27/4), Jakarta.

Pembekalan ini diselenggarakan bagi 105 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah seluruh Indonesia. Para pemimpin pemerintah daerah dari level bupati/walikota dan wakilnya mengikuti pembekalan kepemimpinan di Jakarta.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur yang membuka acara ini mengingatkan kepala daerah untuk memajukan daerah masing-masing. "Gunakan momentum ini untuk memajukan daerahnya, menggerakkan aparatur sipil negara. Maju tidaknya suatu daerah tergantung pemimpinnya," ujar Asman Abnur.

Asman menjelaskan pemimpin daerah bukanlah penguasa, melainkan pelayan masyarakat. Karena itu, kepala daerah harus menjadi pemimpin masyarakat, bukan hanya sebagai perangkat birokrasi. "Tidak hanya memimpin petugas di daerah, juga memimpin masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Asman juga menekankan pentingnya memahami Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Di dalamnya disebutkan bahwa Presiden adalah pembina tertinggi yang bisa mengangkat atau melengserkan kepala daerah.

"Selama jabatannya, presiden dapat mengangkat, melakukan pemindahan, dan pemberhentian pejabat," tegasnya.

Acara ini dijadwalkan diikuti oleh 105 kepala daerah yang telah dilantik pada Desember 2015 lalu. Namun, hingga kini baru 80 persen yang hadir.

Acara bertajuk 'Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah Tahun 2017 ini akan berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (29/4) esok. Turut hadir pula Pejabat Eselon I Kemendagri.

"Isu yang kita ambil bagaimana kita bisa memberikan suatu pengetahuan/wawasan terkait kepemimpinan dalam negeri yang komprehensif. Jadi yg kami undang ada dari beberapa kementerian dan LPMK," kata Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi ditemui usai memberi sambutan.

Menurutnya, tujuan acara ini untuk memberi pengarahan soal penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan efektif. Narasumber dari beberapa kementerian dan lembaga strategis pendukung pemerintahan daerah juga diundang memberi materi.

"Isu yang hot juga terkait dengan masalah keuangan, pengawasan gitu ya. Kan kita undang juga dari Menkeu, BPK, PPATK, bahkan dari Kejaksaan, dan Pak Kapolri itu responsnya luar biasa," pungkasnya.

Bupati Pelalawan HM.Harris sendiri menyebutkan bahwa pimpinan daerah adalah pelayan masyarakat.Program yang digulirkan Pemerintah Daerah harus pro rakyat. " Program Kabupaten Pelalawan sudah sangat jelas tertuang dalam RPJMD 2016 - 2021 menuju Pelalawan Emas dengan tetap menjalankan 7 program strategis," pungkasnya. (JYP)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index