Tidur Hingga 8 Jam Sehari, Lihat Efek Menakjubkan pada Kulit

Tidur Hingga 8 Jam Sehari, Lihat Efek Menakjubkan pada Kulit
Ilustrasi bangun tidur.

Riauaktual.com -  Kulit sehat merupakan aset yang penting. Namun, menjaga kesehatan kulit sendiri, seringkali terlupakan. Padahal, menjaga kelembabannya hanya butuh beberapa langkah mudah.

Seperti diketahui, regenerasi kulit umumnya terjadi setiap 30 hari sekali, dan proses ini akan terus bertambah seiring meningkatnya usia seseorang. Untuk tetap menjaga proses regenerasi terus bekerja dengan baik, dibutuhkan beberapa langkah mudah.

"Regenerasi kulit bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah nampak kusam. Salah satu cara menjaganya yaitu dengan nutrisi vitamin E yang cukup, bisa secara topikal (oles di kulit) atau diminum," ujar spesialis kulit dr. Edwin Tanihaha SpKK., sebagaimana dikutip dari VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Menurutnya, vitamin E terbukti dalam melembapkan kulit. Namun, bagi mereka yang berjerawat, hindari penggunaan vitamin E yang diminum.

"Vitamin E baik untuk melembapkan kulit kita yang kering. Kalau jerawatan banget, vitamin E jangan diminum tapi dioles di area kering tersebut, dan hindari area berjerawatnya," katanya menegaskan.

Nutrisi lain untuk kulit mencakup vitamin A untuk regenerasi kulit, vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, serta konsumsi air putih. Hal yang sering terlupakan yaitu tidur cukup. Sebab, tidur yang tidak mencapai 6-8 jam, membuat proses regenerasi kulit terhambat.

"Tidur cukup sekitar 6-8 jam dibutuhkan untuk mensekresi hormon pertumbuhan agar kulit terus lembap dan memulai proses regenerasinya. Usahakan juga untuk tetap membersihkan kulit sebelum tidur, agar sel kulit mati tidak menumpuk dan pori-pori tersumbat sehingga memicu jerawat," ucapnya.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index