Berikut Tips Bikin Performa Ponsel Android Ngebut

Berikut Tips Bikin Performa Ponsel Android Ngebut
ilustrasi

Riauaktual.com - Ada beberapa tips yang bisa pengguna perhatikan untuk mempercepat performa perangkat Android. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips untuk mempercepat ponsel Android.

Menonaktifkan Animasi Animasi yang terlalu lambat bisa memakan waktu pengguna. Untuk menonaktifkan animasi, pengguna bisa menuju opsi Developer di menu Settings. Setelah masuk ke Settings, lalu ke Developer Options, temukan Transition animation scale, lalu ubah ke opsi 0,5x atau matikan (off).

Batasi {Widget} dan {Live Wallpaper}

Banyak orang berpendapat widget memiliki manfaat untuk perangkat Android. Mereka menyatakan widget dapat membantu untuk menemukan informasi dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi. Padahal penggunaan widget dapat menguras daya tahan baterai dan memperlambat perangkat.

Menonaktifkan Aplikasi Tak Terpakai

Perangkat Anda memiliki keterbatasan memori internal dan keterbatasan ruang, hal itu akan membuat performa melambat. Jika ponsel diisi dengan foto, musik, dan aplikasi maka dianjurkan untuk mengosongkan kapasitas dengan cara meng-uninstal aplikasi yang tidak terpakai atau memindahkan file ke layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

Hapus Data Cache

Data cache dapat terbentuk seiring perjalanan waktu dalam aplikasi Anda dan ini memengaruhi kinerja perangkat. Menghapus cache dapat dilakukan secara manual melalui menu aplikasi atau dengan menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store yang dapat mengotomatisasi proses. Beberapa aplikasi penghapus cache populer dapat ditemui di Google Play Store seperti Cache Cleaner dan Clean Master.

Perbarui Perangkat Lunak

Sangat penting bagi Anda untuk memperbarui perangkat karena firmware terbaru biasanya membawa keamanan dan perbaikan bug. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan stabilitas keseluruhan perangkat.



Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index