Pemko Pekanbaru Gesa Pembebasan Lahan Menuju Siak IV

Pemko Pekanbaru Gesa Pembebasan Lahan Menuju Siak IV
ilustrasi (int)

PEKANBARU (RA)- Penggunaan jembatan Siak IV tampaknya belum bisa di realisasikan. Pasalnya akses jalan menuju jembatan ini belum seluruhnya di bebaskan dan di ganti rugi.

Meski demikian  Rencana pembangunan Jembatan Siak IV terus di matangkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru seperti  jalan menuju akses ke Rumbai. Sementara pembangun fisik dilaksanakan Pemprov Riau, demikian ujar Walikota Pekanbaru,  Firdaus  MT, kepada RiauAktual.com  Rabu (12/12).

Katanya, akses jalan yang di bangun menembus ke jalan Yos Sudarso Pekanbaru kini masih belum bisa di bangun karena masih terkendala ganti rugi. Meski pembebasan lahan sepanjang jalan menuju ke Rumbai sudah bebas dan sudah pengerasan.

''Untuk akses jalan dari jembatan siak IV sudah selesai dan bahkan saat ini sudah dikeraskan. Tapi saya kecewa karena akses jalan menuju ke Yos Sudarso belum tuntas karena ada mistkomunikasi antara Pemko dan
Pemprov. Padahal uangnya sudah ada tinggal dibayarkan, tapi karena kita belum siap terpaksa tidak bisa dilakukan tahun ini,'' jelas Firdaus ST.

Dijelaskan Walikota Pekanbaru, pembebasan lahan tersebut menjadi salah satu hal penting. Pasalnya, direncana awal ada bundaran yang akan memutar menghubungkan jalan sembilang ke jalan Yos Sudarso tanpa
melalui jalan Sekolah dan kayangan.

Pemprov sudah memberikan dukungan berupa anggaran, namun ternyata Pemko Pekanbaru belum selesai
melakukan pendataan yang mengakibatkan anggaran tersebut tidak terpakai dan harus dikembalikan. Namun setelah Firdaus bertemu dengan Kepala Dinas PU Riau, akhirnya tahun 2013 kembali dianggarkan.

''Itu sudah ada kesempatan, dan saya tidak mau kembali gagal melakukan pembebasan lahan nantinya. Jadi mulai saat ini tim sudah bekerja mendata luas lahan dan pemilik lahan yang akan diganti rugi lahan untuk jalan tersebut. Jangan sampai tidak terlaksana lagi,'' tambahnya.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index