Obat DBD yang Mudah Didapat

Obat DBD yang Mudah Didapat
ilustrasi

Riauaktual.com -  Sudah jamak diketahui, Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan  salah satu  penyakit endemik yang  menjamur terutama saat pancaroba tiba. Penyakit akut akibat infeksi virus dengue pada manusia ini, dibawa oleh nyamuk betina yang di kenal dengan sebutan Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Penyakit ini memiliki 3 fase yang khas yang dikenal sebagai ‘Siklus Pelana Kuda’ yang dibuat untuk memudahkan masyarakat mengenal grafik naik turun panas yang dialami penderita DBD.

· Fase Demam (1-3 hari)
Gejala awal dimulai dengan demam tinggi antara 390C-410C selama 2-3 hari. Perbanyaklah minum air putih dan konsumsi obat penurun panas. Bila demam tak kunjung reda lebih dari 3 hari, kunjungi dokter dan lakukan tes laboratorium.

· Fase kritis (3-5 hari)
Fase ini di tandai dengan demam yang mereda. Padahal, penderita sedang memasuki masa dimana resiko tertinggi dari DBD terjadi. Pembuluh darah mengalami pelebaran dengan memperlihatkan  tanda ruam atau bintik di kulit. Bila hal ini terjadi, penanganan medis mutlak dilakukan di rumah sakit.

· Fase Penyembuhan
Fase ini terjadi pada hari ke-6 hingga ke-7. Keadaan pasien biasanya akan kembali stabil.
Obat DBD sebenarnya banyak yang berada di sekitar kita dan mudah didapat. Hanya saja, kita terkadang belum mengetahuinya. Berikut ini obat DBD yang bisa Anda coba:

1. Buah jambu merah
Buah ini mengandung banyak sekali flavonoid yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah. Selain itu, jambu biji juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Cara mengonsumsinya bisa dengan memakan secara langsung ataupun dibuat jus.

2. Kunyit putih
Kunyit putih  memiliki kaya khasiat seperti anti-kanker, anti-DBD dan mengobati masalah pencernaan. Cara mengolahnya, rebus  kunyit yang telah diparut  dengan air secukupnya sampai mendidih. Minum setiap hari hingga kondisi membaik.

3. Daun pepaya
Kandungan zat papain yang terdapat pada daun pepaya memiliki beberapa manfaat antara lain, anti-malaria,  anti-cacing dan dapat menyehatkan pencernaan. Ekstrak daun pepaya ini telah banyak dijual dalam bentuk kapsul dan formula cair.

4. Daun jambu biji
Daun jambu biji memiliki kandungan tanin yang dapat menciutkan urat darah serta meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Menurut penelitian, ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari,  dapat meningkatkan trombosit dalam darah tanpa menimbulkan efek samping. Cara mengolahnya dengan merebus daun jambu biji lalu meminumnya sampai kondisi membaik.

5. Meniran
Tanaman ini memiliki banyak manfaat terutama sebagai anti-virus. Meniran berkhasiat mengobati DBD, anti-diare, kolik, batuk dan yang berhubungan dengan pencernaan. Untuk mengobati DBD, rebuslah 10 gram meniran dan 10 gram pegagan dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas air. Minum secara teratur 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Semua penyakit, bila kita peka akan gejalanya, tentu hal ini akan memperkecil angka korban yang terkena. Selain pola hidup sehat, kebersihan lingkungan pun tak boleh luput dari perhatian kita.



Sumber : viva.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index