Berikut Tips Mengatasi Flu Berat

Berikut Tips Mengatasi Flu Berat
Flu berat. (U-Report)

Riauaktual.com -  Flu adalah penyakit umum yang mempengaruhi setiap orang. Penyakit ini juga sering datang dan pergi, sehingga sering merepotkan penderitanya. Itulah sebabnya Anda harus tahu bagaimana caranya mengatasi flu dengan cepat, apakah dengan mengonsumsi obat flu atau dengan cara terapi yang sering dilakukan sejak dulu.

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang karena imun atau sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Biasanya menyerang pada saat pergantian musim menjadi dingin atau karena terlalu lelah.

Berikut Adalah Tips Mengatasi Flu Berat Yang Efektif sebagaimana dikutip dari viva.co.id :

Berikut adalah lima cara yang dapat Anda coba untuk mengurangi atau mengobati flu berat, metode ini pertama kali digunakan oleh orang tua untuk mengobati anak-anak yang menderita flu berat.

Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran
Buah-buahan dan sayur-sayuran yang kita makan secara efektif meningkatkan kembali daya tahan tubuh yang sedang drop. Karena, asupan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran sangat diperlukan bagi tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang stabil.

Minum minuman hangat
Flu akan menghabiskan cairan tubuh melalui keringat, air liur, dan lendir. Untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh, Anda perlu banyak minum air.

Agar lebih baik minumlah air hangat ketika Anda sedang flu, karena air hangat dapat meringankan hidung tersumbat. Selain itu, air hangat juga bisa meredakan radang tenggorokan.

Terapi uap tradisional
Terapi uap bisa meringankan flu karena dapat membuat hidung tersumbat menjadi plong. Tipsnya adalah siapkan air panas dalam wadah kecil atau wadah cekung, campurkanan ramuan dan rempah-rempah kedalamnya, seperti; kayu putih, jahe, kunir atau yang dapat membantu meringankan flu.

Uapkan wajah Anda dalam mangkuk atau wadah yang berisi air panas tersebut. Tutup kepala menggunakan handuk sehingga uap tidak keluar dan agar hasilnya maksimal.

Nikmati aroma mentol
Jika hidung Anda mampet karena flu, cobalah untuk menghirup aroma mentol untuk mengurangi sumbatannya. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih dengan cara dioleskan pada bagian luar hidung.

Istirahat maksimal
Istirahat sangat perlu sekali Anda lakukan jika Anda menderita flu berat. Dengan istirahat maksimal, tubuh dapat memulihkan sistem kekebalan tubuhnya dengan cepat. Cobalah untuk menjaga tubuh tetap hangat, gunakan selimut dan jika perlu gunakan juga minyak kayu putih ke tubuh Anda.

Itulah tips mengatasi flu berat yang kami rekomendasikan. Agar Anda bisa mendapatkan kesembuhan yang cepat, konsumsilah makanan yang bergizi. Biasanya penderita akan disertai demam dan batuk, mulut juga terasa pahit, meski begitu Anda harus tetap makan agar tubuh tetap terisi nutrisi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index