Jasa Marga kurang dana Rp 70 triliun selesaikan 16 tol tahun ini

Jasa Marga kurang dana Rp 70 triliun selesaikan 16 tol tahun ini
ilustrasi

Riauaktual.com -  Jasa Marga menyatakan masih membutuhkan suntikan dana Rp 70 triliun untuk menyelesaikan sisa proyek pengerjaan 16 ruas jalan tol yang ditargetkan selesai tahun ini. Jasa Marga sudah menyiapkan sejumlah cara menutup kekurangan dana ini mulai dari pinjaman bank hingga mencari dana di pasar modal.

"Saat ini PT Jasa Marga memiliki 31 konsesi jalan tol, yang sudah sepenuhnya beroperasi 15 ruas. Sedangkan 16 sisanya masih separuh pengerjaan dan ada yang betul-betul belum," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani seperti dikutip Antara dalam Workshop "Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri Menuju Indonesia Digdaya" di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat kemarin, sebagaimana dikutip dari merdeka.com.

Menurut Desi, untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan mencapai Rp 70 triliun itu antara lain akan ditempuh dengan mengajukan pinjaman dari bank. Namun demikian, untuk bisa mengakses pinjaman itu, setidaknya perseroan harus memiliki modal minimal Rp 21 triliun.

"Saat ini equitas (modal) Jasa Marga baru Rp 16 triliun, masih kurang Rp 4,5 triliun," kata dia.

Sementara itu, untuk menutupi kekurangan modal Rp 4,5 triliun, dia mengatakan akan diupayakan dengan menggenjot laba perseroan. Cara lainnya, lanjut dia, adalah melakukan subholding dalam pengerjaan jalan tol dengan melepas saham perdananya atau initial public offering (IPO).

"Kami akan melakukan subholding, contohnya proyek tol Trans Jawa dengan melakukan IPO," kata dia.

Desi mengklaim hingga saat ini pendapatan dari pengoperasian jalan tol masih mendominasi pemasukan Jasa Marga mencapai 80 persen. Selain itu, dibanding yang dioperasikan perusahaan penyelenggara jalan tol lainnya, panjang jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga juga masih mendominasi mencapai 60 persen.

"Di jalan tol Jasa Marga setidaknya dilewati sebanyak 1,4 miliar kendaraan per tahun," kata dia.

Workshop yang juga menghadirkan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani dan Pengamat Etnografi Marketing and Branding Amalia E. Maulana itu, digelar dalam rangkaian HUT Bersama 28 BUMN yang berulang tahun periode Februari-April 2017.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index