Kapolri beri tiket sekolah perwira & pin emas ke Aiptu Sunaryanto

Kapolri beri tiket sekolah perwira & pin emas ke Aiptu Sunaryanto
Kapolri Tito beri penghargaan ke Aiptu Sunatyanto. ©2017 Merdeka.com/juven

Riauaktual.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyematkan penghargaan kepada Aiptu Sunaryanto. Anggota polisi ini berhasil menggagalkan aksi penodongan di dalam angkot KWK T25 di Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Minggu (9/4) lalu.

Selain menggagalkan aksi penodongan, penghargaan juga diberikan kepada Sunaryanto lantaran dianggap berhasil menyelamatkan korban, yakni Risma Oktaviani (25) dan bayinya.

"Ini aksi yang luar biasa, memberikan tembakan kepada penyandera dalam situasi tidak gampang. Seringkali ada idiom bahwa polisi itu kaki kanannya ada di penjara, kaki kirinya ada di kuburan, salah mengambil tindakan bisa masuk penjara, terlambat bertindak bisa membuat dia atau masyarakat meninggal dan masuk kuburan," kata Tito di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat kemarin sebagaimana dikutip dari merdeka.com.

Tito mengapresiasi tindakan cepat dan terukur dari Sunaryanto. Dia memberikan beberapa penghargaan ke Sunaryanto berupa tiket untuk sekolah ahli golongan, reward berupa pin emas.

"Dengan sekolah ini yang bersangkutan bisa jadi perwira. Sementara pin emas karena dia sudah melaksanakan tugas dengan baik dan tindakannya cukup heroik," kata dia.

Pada kesempatan itu, jenderal bintang empat ini berharap aksi dari Sunaryanto dapat ditiru oleh anggota polisi lainnya. Menurut Tito, sikap Sunaryanto ini bisa memotivasi anggota polisi dalam meningkatkan kemampuan menggunakan kewenangan diskresinya.

"Atas nama kepolisian Republik Indonesia saya ucapkan selamat kepada Aiptu Sunaryanto. Semoga ini bisa meningkatkan motivasi buat bapak dan bisa memberikan contoh yang pada anak buahnya setelah lulus dan jadi perwira nanti. Bulan September ini pangkat akan naik jadi perwira," pungkas Tito.

Diketahui, sebelum Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan, Kapolda Metro Jaya Irjen Iriawan sudah lebih dulu memberikan penghargaan kepada Sunaryanto. Selain itu, Sunaryanto juga mendapatkan piagam dari Pemprov DKI Jakarta dan uang senilai Rp 10 juta.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index