Wabup Buka Pelatihan TOT Kampung Binaan Keluarga Sakinah

Wabup Buka Pelatihan TOT Kampung Binaan Keluarga Sakinah
Wakil Bupati Siak Alfedri, saat membuka pelatihan TOT, Kamis (20/4) di hotel Grand Royal Kecamatan Siak.

Riauaktual.com - Program Kampung Binaan Keluarga Sakinah yang ada di Kabupaten Siak, nampaknya akan menjadi percontohan bagi Daerah lain.

Karena untuk yang ketiga kalinya Pelatihan TOT (training of Trainer) Kampung Binaan Keluarga Sakinah ini dilaksanakan di Siak. Hal ini juga disampaikan Wakil Bupati Siak Alfedri, saat membuka pelatihan TOT, Kamis (20/4) di hotel Grand Royal Kecamatan Siak.

Dalam sambutannya, Alfedri mengatakan bahwa Program Kampung Binaan Keluarga Sakinah tahapan ketiga ini, memadukan pembangunan keagamaan, ekonomi, keluarga, kesehatan, pendidikan, sosial budaya dan akhlak mulia bangsa.

Alfedri juga menjelaskan ada beberapa bentuk pembinaan, diantaranya Pembinaan Keagamaan atau Kerohanian, Pengentasan Buta Aksara Al-Quran, Shalat Berjamaah, Maghrib Mengaji dan gemar berinfak.

"Itu semua merupakan pembinaan untuk menciptakan masyarakat dengan keluarga yang sakinah beriman dan bertakwa," ujar Wabup.

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak, Abdul Razak menambahkan, tujuan Pelatihan TOT Kampung Binaan Keluarga Sakinah adalah untuk mewujudkan masyarakat madani yang bermoral tinggi, penuh keimanan, ketakwaan dan berahlak mulia.

"Peserta yang mengikuti Pelatihan TOT (training of Trainer) Kampung Binaan Keluarga Sakinah ini ada 14 Kampung. Mereka merupakan utusan dari setiap Kecamatan (1 Kampung/Kecamatan) yang di pilih langsung oleh Pihak Kecamatan , dan sampai saat ini, sudah 43 Kampung yang mengikuti pelatihan ini," ujarnya.

Saat dijumpai seusai pembukaan, Pardianto (44) salah seorang peserta dari Kampung Tengah, Kecamatan Mempura yang baru pertama kali mengikuti pelatihan ini  mengatakan bahwa program pelatihan ini sangat mulia. Oleh karena itu dia sangat mendukung penuh dengan adanya pelatihan tersebut.

"Selain meningkatkan ibadah umat, program pelatihan ini juga nantinya akan menciptakan kampung sakinah. Saya berharap kampung saya bisa menjadi seperti itu, dan dari saya pribadi bisa mendalami ilmu agama," katanya. (jas/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index