Tips Cegah Mata Lelah saat Menatap Layar Smartphone

Tips Cegah Mata Lelah saat Menatap Layar Smartphone
ilustrasi

Riauaktual.com -  Saat ini smartphone menjadi perangkat yang setia menemani ke mana pun pengguna pergi. Dengan penggunaan smartphone yang intens, boleh jadi pengguna mengalami mata lelah dan berakibat buruk bagi kesehatan indra penglihatan.

Diambil dari berbagai sumber, lakukan ini untuk menghindari mata lelah akibat terpapar layar smartphone atau monitor.

Turunkan Kecerahan Layar

Menurunkan kecerahan layar selain membuat baterai smartphone lebih awet, juga bisa mengurangi mata lelah. Dengan menurunkan kecerahan layar, paparan cahaya tidak terlalu kuat menerpa mata.

Perbesar Huruf

Huruf atau teks yang terlalu kecil membuat pengguna kesulitan untuk membaca. Semakin besar huruf, teks dapat lebih mudah dilihat. Namun, pastikan ukuran huruf tepat sesuai kenyamanan pengguna.

Bila huruf terlalu kecil, pengguna cenderung mendekatkan wajah ke layar. Hal ini bisa membuat mata cepat lelah karena paparan cahaya layar tersebut.

Pastikan Ruangan Terang

Hindari menatap layar smartphone atau monitor dalam ruangan gelap. Sebab, pancaran cahaya dari layar langsung menuju mata pengguna mengakibatkan mata cepat lelah serta mengganggu kesehatan mata.

Mengedipkan Mata

Apabila pengguna terlalu seru menatap layar, mungkin pengguna tidak berkedip sehingga membuat mata menjadi kering. Mengedipkan mata adalah cara alami untuk menjaga kelembapan mata.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index