Beratnya Hampir 6 Ton

Gajah Sakit di Duri Dinobatkan Sebagai yang Terbesar di Sumatera

Gajah Sakit di Duri Dinobatkan Sebagai yang Terbesar di Sumatera
gajah besar

Riauaktual.com - Bagaimana tidak khawatir seluruh anggota tim pencari gajah liar yang sakit ini ketika sosok hewan bongsor itu tiba-tiba ada di dekatnya. Setelah hewan berbelalai itu berhasil dibuat terlelap dan ngorok dengan beberapa tembakan bius, tim medis mengukur tinggi, panjang, lingkar dada dan lingkar keempat kaki gajah.

Dari rumus yang diketahui para dokter hewan Vesswic untuk mengetahui berat gajah, terhitung berat gajah sakit itu sekitar 5,8 ton atau hampir mendekati 6 ton. Beratnya dikategorikan luar biasa jika dibandingkan dengan gajah sakit lainnya ataupun gajah sehat.

"Ini gajah yang terbesar yang pernah saya lihat untuk di Riau atau Sumatera. Dulu yang saya tahu gajah terbesar itu, yang pernah saya obati juga beratnya hanya 4,9 ton, namanya Magna dari Aceh. Lingkar dadanya saja mencapai 4,91 meter, tinggi 2,75 meter, panjang 3,75 meter dan lingkar kaki 41 centimeter," ujar drh Anhar Lubis disela pengobatan gajah tersebut kepada GoRiau.com.

Dari fisik gajah itu, menurut Anhar, usianya sudah diatas 40 tahunan, dengan ciri-ciri yang nampak seperti kuping yang sudah menipis. Dan bahkan ia bisa lebih berat lagi dari yang sekarang jika kondisi tubuhnya sehat, tanpa ada luka atau sakit lainnya.

"Untuk kita segera memberikan pertolongan pengobatan gajah jantan dominan ini. Proses obatnya itu untuk pemulihan hanya akan memakan waktu 2 minggu paling lama dan jika sudah sehat dia akan mulai mencari gajah-gajah betina lainnya yang siap untuk dikawini," kata drh Anhar Lubis.

Menurut Anhar Lubis, gajah jantan yang sakit ini akan bertahap hidup hingga diusia tertua gajah yakni 70 tahun. Tubuhnya yang sehat serta metabolisme yang bagus itu sudah terlihat pada bekas-bekas luka di beberapa anggota tibuhnya.

"Beberapa luka di tubuhnya sudah dalam proses penyembuhan alami, karena tubuhnya berat dan besar jadi proses penyembuhannya cepat ditambah antibody hewan itu bagus menandakan gajah ini sangat sehat. Kita berharap pemerintah maupun negara dapat menjaga gajah yang paling besar ini," ujarnya sebelum menyadarkan kembali gajah liar tersebut dari tidurnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index