Di Hadapan Wisudawan, Rektor Paparkan Prestasi UR

Di Hadapan Wisudawan, Rektor Paparkan Prestasi UR
Sidang senat terbuka dalam rangka wisuda pascasarjana ke-35, Program Profesi ke-29

Riauaktual.com - Rektor Universitas Riau Prof Dr Aras Mulaydi DEA saat sidang senat terbuka dalam rangka wisuda pascasarjana ke-35, Program Profesi ke-29, Program Sarjana ke-98, dan program Diploma ke-39, Rabu 19 April 2017, menyampaikan beberapa capaian dan kesuksesan UR dalam beberapa sektor.

Seperti, berdasarkan pemeringkatan oleh "UI Greenmetric Ranking of World Universities". Universitas Riau disebutkan Aras berada diperingkat ke-14 se-Indonesia.

Pemeringkatan ini merupakan refleksi dari suatu Universitas yang berkomitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Komitmen tersebut dilihat dari indikator diantaranya, Pengaturan dan Infrastruktur (SI) (15%) yang meliputi pengaturan dan informasi infrastruktur akan memberikan informasi dasar dari kebijakan universitas terhadap lingkungan hijau.
 
"Energi dan Perubahan Iklim (EC) (21%) yang meliputi perhatian universitas  dalam menggunakan penggunaan energi. Limbah (WS) (18%) yang meliputi perhatian universitas terhadap kegiatan pengolahan limbah. Air (WR) (10%) yang meliputi perhatian universitas dalam penggunaan air di kampus. Transportasi (TR) (18%) dilihat dari kebijakan universitas dalam mengendalikan emisi karbon dan tingkat polutan di universitas. Pendidikan (ED) (18%) dilihat dari kegiatan universitas dalam mengamati dan memperhatikan generasi baru dengan isu-isu keberlanjutan," jelas Aras.

Prestasi ini menurut Aras merupakan refleksi dari komitmen Perguruan Tinggi yang sejalan dengan upaya UR dalam Meningkatkan upaya efisiensi energi pada bangunan mereka dan mengambil lebih banyak tentang alam dan sumber daya energi. Memperhatikan persoalan limbah. Meningkatkan program konservasi, dan melindungi habitat. Mengendalikan polutan di kampus, serta Menciptakan perhatian generasi baru dengan isu-isu keberlanjutan.

Aras juga menyampaikan bahwa berdasarkan pemeringkatan Webometrics yang dirilis pada Januari 2017, Universitas Riau berada pada ranking 8 di Indonesia, atau 614 ranking asia, dan 2007 di dunia.

Webometric adalah suatu sistem penilaian terhadap lebih dari 11.995 Perguruan Tinggi terbaik di dunia, berdasarkan pemanfaatan website universitas.

Indikator penilaian tersebut, meliputi jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang terindeks di Scimago Institution Ranking, jumlah halaman website dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), Jumlah eksternal link yang unik yang diterima oleh domain web universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), serta Jumlah file dokumen yang online/ open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

"Oleh karena itulah, pada kesempatan ini, saya selaku pimpinan Universitas sangat mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian tersebut. Bukan sebuah pekerjaan mudah di dalam memperoleh peringkat tersebut. Karena dari keempat inkator tersebut, tidak terlepas dari realisasi kinerja yang sudah dijalankan oleh masing-masing unsur yang ada di Universitas," pungkasnya.

Pada wisuda Periode April 2017 ini, UR mengukuhkan sebanyak 3.949 orang wisudawan yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan, diantaranya jenjang pendidikan Magister Strata Tiga (S-3), Magister Strata Dua (S-2), Program Profesi, Sarjana, dan Diploma (D-3).

Berdasarkan rincian jumlah wisuda UR periode 2017 ini, wisudawan yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yaitu sebanyak 1.378 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 574 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 495 orang, Fakultas Teknik (FT) 275 orang, Fakultas Pertanian 261 orang, Pascasarjana 254 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPK) 196 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 172 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 127 orang, dan Fakultas Hukum (FH) sebanyak 123 orang, dan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) 94 orang. (fad/dr)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index