ilustrasi

Listrik di Lima Desa Kepenuhan Rohul Nyala Sebelum Idul Fitri

Selasa,18 April 2017 - 17:37:15 WIB Di Baca : 3193 Kali

Riauaktual.com - Pihak PT. PLN Rayon Pasir Pangaraian, kini sudah memasang jaringan baru di lima desa di Kecamatan Kepenuhan. Dan biro listrik, saat ini tengah lakukan pemasangan instalasi listrik di sekitar 1.300 rumah warga yang ada di lima desa Kecamatan Kepenuhan, yang mana diwilayah tersebut masih memanfaatkan PLTD dengan jam operasi hanya 12 jam per harinya.

Dengan masuknya jaringan listrik PLN,  disambut baik masyarakat lima desa eks transmigrasi, seperti di SP-1 Desa Kepenuhan Raya, SP-2 Desa Kepenuhan Baru, SP-3 Desa Kepenuhan Makmur, SP-4 Desa Kepenuhan Sejati, dan SP-5 Desa Sei Mandian.

Bahkan, masyarakat di lima desa eks transmigrasi di Kepenuhan mengaku mereka sudah lama mendambakan listrik murah dari negara, namun baru terealisasi pada 2017 ini.

Sementara Biro Listrik dari CV Mahato Jaya Utama, salah satu perusahaan pelaksana mengatakan, sebenarnya jaringan baru listrik PLN sudah bisa dipasang sejak lama, namun saat itu masih terbentur soal ganti rugi tanaman masyarakat yang terkena dampak pemasangan jaringan.

Kemudian, melalui negosiasi panjang serta berkat bantuan dua wakil rakyat dari Partai Golkar, yakni anggota DPRD Rohul Abdul Masykur dan anggota DPRD Riau Masgaul Yunus, pemasangan jaringan baru listrik PLN baru bisa dilakukan tahun ini.

Tambah Heryanto, pemasangan jaringan di lima desa di Kepenuhan tetap ada ganti rugi. Bagi tanaman yang terkena dampak jaringan baru tetap diganti rugi, seperti untuk pohon kelapa sawit diganti rugi Rp1,5 juta per pohonnya.

"Kemudian, pemasangan jaringan sendiri saat ini baru dilakukan di SP-1 Desa Kepenuhan Raya dan SP-2 Desa Kepenuhan Baru. Sementara, untuk pemasangan jaringan baru di SP-3 Desa Kepenuhan Makmur, SP-4 Desa Kepenuhan Sejati, dan SP-5 Desa Sei Mandian, baru akan dipasang setelah warga membayar Biaya Pemasangan (BP) ke PT. PLN," jelasnya.

Kata Heryanto. pemasangan instalasi di sebagian rumah warga  sudah terpasang. Diperkirakan, awal Juni 2017, atau sebelum hari raya Idul Fitri, listrik di rumah warga lima desa di Kepenuhan sudah mulai menyala. (Lim)
 

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com