Legislatif Kembali Kritisi Persoalan Banjir di Pekanbaru

Legislatif Kembali Kritisi Persoalan Banjir di Pekanbaru
marlis kasim

Riauaktual.com - Selasa (18/4/2017) pagi, beberapa ruas jalan di Pekanbaru terlihat dipenuhi genangan banjir akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur, bahkan beberapa kendaraan mengalami mati mesin atau mogok akibat nekat menerobos banjir.

Atas kondisi ini, Legislatif di DPRD Kota Pekanbaru kembali mengkritisi persoalan banjir yang rutin terjadi di Kota Bertuah. Dewan menilai salah satu penyebabnya yaitu, sistem drainase atau pembuangan air ke anak-anak sungai tidak berjalan bagus sehingga hujan sebentar langsung banjir.

"Kita melihat penyebabnya banjir ini karena drainase yang tidak bagus, seperti kawasan hangtuah misalnya, disana ada dua titik banjir, sementara air tidak bisa mengalir dengan baik menuju anak sungai karena tidak ada parit pembuangan, makanya kita minta entah itu Pemrov atau Pemko segera memprioritaskan untuk pembuatan parit," ucap H Marlis Khasim, Anggota fraksi PKB.

Selain persoalan drainase, Marlis juga menilai pemberian izin bangunan oleh pemerintah kota Pekanbaru juga kurang jelas, sehingga pengembang tampak asal-asalan dalam mendirikan bangunan tanpa memikirkan dampak negatif dari sesuatu yang di bangunan.

"Perencanaan dan pemberian izin bangunan harus jelas, jangan berikan izin mendirikan bangunan tapi parit atau sumur resapannya tidak ada, belum lagi soal penimbunan pemilik ruko, masa ia penimbunannya lebih tinggi dari badan jalan, kalau hujan yang dibawah banjirlah," Cetus Marlis.

Disamping itu, Marlis juga berharap peran serta masyarakat, camat untuk intens memberi laporan kepada Pemko terkait kawasan yang saat ini rawan banjir.

"Camat juga harus memberikan laporan ke pemko mana saja kawasan yang saat ini rawan banjir, biar segera ditindaklanjuti, solusinya seperti apa, kalau soal anggaran saya rasa tidak ada masalah, mau besar mau kecil pemerintah harus memprioritaskan," pungkasnya. (pur)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index