Anda Mau Tahu ...

Bukan Asli Indonesia, Benarkah Semur Berasal dari Belanda?

Bukan Asli Indonesia, Benarkah Semur Berasal dari Belanda?
ilustrasi

Riauaktual.com - Meski menyisakan kesedihan dan trauma yang mendalam terhadap rakyat Indonesia, tetapi sedikit banyak Belanda berperan penting dalam warisan budaya maupun kuliner Indonesia. Salah satunya kuliner favorit masyarakat Indonesia yang satu ini, yakni semur.

Namun berbeda dengan lekker atau perkedel yang memang murni berasal dari Belanda. Semur memiliki sejarahnya sendiri. Meski banyak yang mengatakan semur berasal dari Indonesia, tetapi sebenarnya semur memiliki perpaduan budaya antara budaya Eropa, Timur Tengah, India, dan China.

Kata 'semur' memang berasal dari Belanda yakni 'stomerijj'. Berubah jadi semur karena saat penjajah yang memiliki pekerja Indonesia berteriak agar mereka memasak dalam stomerijj, para pekerja mendengarnya seperti smoor, lalu disimpulkan sebagai semur.

Sebenarnya, stomerijj bukan lah sebuah wujud makanan, namun merupakan alat memasak yang berarti steamer atau kukusan. Nama dan alat yang mempengaruhi lahirnya makanan lezat bernama semur.

Jika bicara cara mengolah dagingnya, olahan bumbu-bumbu yang membuat cita rasa semur menajdi sedap merupakan pengaruh dari bangsa pendatang India dan Timur Tengah melalui rempah-rempahnya.

 

Dan terakhir, warna pekat coklatnya merupakan pengaruh dari Tionghoa dengan kecapnya. Namun kecapnya pun asli Indonesia, sebab Tionghoa hanya mengenal kecap asin dalam masakannya.

Seringkali banyak yang salah kaprah menganggap semur merupakan warisan Belanda. Memang benar semur adalah makanan yang sudah ada sejak zaman penajajahan, namun kuliner ini tercipta berkat keberagaman budaya yang masuk ke Indonesia. (mc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index