Hadapi Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Tambah Kapasitas 30 Persen

Hadapi Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Tambah Kapasitas 30 Persen
ilustrasi

Riauaktual.com - Poros transportasi udara Bandara Soekarno-Hatta bersiap menghadapi mudik lebaran. Salah satunya dengan peningkatan kapasitas penumpang hingga 30%.

"Berkaitan dengan lebaran, terima kasih sudah meningkatkan kapasitasnya dalam 10 hari itu kurang lebih 30%. Jadi dari 31 ribu jadi 45 ribu," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya di Kedatangan Internasional, Terminal 3 Internasional, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat kemarin.

Upaya meningkatkan kapasitas penumpang ini diakali dengan penghapusan penebalan landasan (overlay) selama dua pekan.

"Kami memberikan slot lagi karena selama ini ada overlay. Kita putuskan overlay tidak ada selama dua minggu. Dan saya harapkan Garuda dan penerbangan-penerbangan yang beroperasi di Soekarno-Hatta meningkatkan kapasitas," ujarnya.

Budi Karya yang didampingi oleh Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto, dan Direktur PT Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury ini menyatakan harapannya pada maskapai maupun manajemen bandara untuk mengakomodasi kebutuhan masyakat yang akan memuncak saat lebaran. Dia mengistilahkan momen mudik ini dengan masa panen.

"Supaya memang di masa masyarakat ini membutuhkan Garuda dan airlines yang lain mendapat masa panen ya. Jadi suatu perjumpaan yang bagus," tuturnya.

"Jadi itu beberapa PR yang kita lakukan. Semoga ini menjadi suatu cara yang baik, kinerja yang bagus," tutup Budi Karya.

Berdasarkan data Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, ada 14 maskapai yang akan mengakomodasi mudik lebaran. Seluruhnya terdiri dari 526 pesawat operasional. Jumlah ini menurun dari tahun lalu yaitu 529. Namun dari segi kapasitas saat ini dipastikan lebih besar karena yang beroperasi adalah pesawat besar.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index