Tidak ada Soal UN, 74 Siswa SMA Di Inhil Ikut Ujian Susulan

Tidak ada Soal UN, 74 Siswa SMA Di Inhil Ikut Ujian Susulan
ilustrasi

Riauaktual.com -  Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA di Provinsi Riau, telah selesai di laksanakan. Dinas Pendidikan Riau mengungkap beberapa kendala, saat ujian berlangsung.

Seperti di Inhil, 74 Siswa MA Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka, terpaksa mengikuti ujian susulan, menyusul tidak adanya soal UN di Kotak Soal.

Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol mengatakan, 74 siswa di MA tersebut, harus mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2017.

Selain persoalan tersebut, Disdik juga menerima laporan adanya server Komputer di Kabupaten Meranti, yang menjalani UN Berbasis Komputer (UNBK) rusak akibat tersambar petir.

"Jadi untuk persoalan UNKP di MA tersebut terpaksa harus mengikuti ujian susulan. Kalau untuk di Meranti bisa diselesaikan pada hari itu juga, dalam waktu dua jam selesai server dan wifi nya yang tersambar petir, di perbaiki langsung oleh Telkom," ujar Kamsol sebagaimana dikutip dari Mc Riau, hari ini.

Dijelaskan Kamsol, secara keseluruhan pelaksanaan UN baik dengan UNBK dan UNKP di seluruh wilayah Riau, berjalan dengan lancar dan aman. Walaupun ada kendala soal yang kosong dan server yang bisa diselesaikan.

"Yang jelas kalau untuk UNBK yang bermasalah langsung diselesaikan, dan dari pihak Kementerian juga memperbolehkan UNBK yang bermasalah dilanjutkan. Sedangkan untuk UNKP yang tidak ada soalnya dilanjutkan ujian susulan yang sesuai jadwal. Dan secara keseluruhan UN berjalan lancar," jelasnya.

Untuk UN susulan, Kamsol mengatakan, pihaknya telah mendata seluruh siswa yang berhalangan hadir saat UN. Dan seluruh siswa yang menjalani UN susulan tetap menjalani UN di masing-masing sekolah.

Sebagaimana diketahui, UN di Riau sendiri, diikuti sebanyak 63.830 siswa SMA/MA se Kabupaten Kota. Untuk SMA diikuti 54.286 siswa, ujian dengan UNBK diikuti sebanyak 27.068, dan UNKP 27.218 siswa. Sedangkan untuk tingkat MA diikuti sebanyak 9.544 siswa jumlah UNKP 8.319 siswa dan UNBK 1.225 siswa.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index