BSI Rekomendasikan FH UIR Raih Sertifikasi ISO

BSI Rekomendasikan FH UIR Raih Sertifikasi ISO
foto bersama usai acara

Riauaktual.com - Langkah maju diterobos Fakultas Hukum Universitas Islam Riau. Setelah mengantongi akreditasi A, Team Leader BSI merekomendasikan FH UIR meraih Sertifikat ISO:2015.

Rekomendasi itu disampaikan Boedi Prasetyo Minarto selaku Team Leader BSI (British Standarts Institution) kepada Rektorat, Pimpinan dan Civitas Akademika Fakultas Hukum UIR dalam closing meeting pada Kamis sore (13/4) di Kampus FH UIR, Pekanbaru.

Hadir dalam closing meeting itu antara lain Wakil Rektor II Ir. Asrol MSc, Wakil Rektor III Dr. H. Abdullah Sulaiman, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Sri Rezeki, Dekan FH UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL bersama Wakil Dekan I, II dan III. Serta para dosen hukum seperti Prof. Dr. Hj. Ellydar Chaidir, Dr. Arifin Bur, Dr. Thamrin, Dr. Ardiansyah, Dr. Syafriadi dan Dr. Fitriathus Sholihah.

ISO (International Organization for Standardization) merupakan sistem manajemen mutu untuk melakukan review dan perubahan secara berkala sesuai dengan kaidah yang diatur oleh ISO. Perubahan dilakukan dalam rangka mengimbangi standar perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, serta relevansi terhadap industry dan lingkungan makro organisasi yang mengadopsi sistem manajemen mutu.

Review dan perubahan ISO 9001:2015 bertujuan antara lain memudahkan integrasi dengan sistem manajemen lainnya, menyediakan pendekatan yang integrative terhadap konsep manajemen organisasi dan memastikan standar internasional memenuhi kebutuhan seluruh bidang organisasi yang mengadopsinya. Juga meningkatkan kemampuan organisasi dalam memuaskan pelanggan.

Kepada Civitas Akademika Fakultas Hukum, Boedi menyampaikan rasa takjubnya kepada Pimpinan Fakultas Hukum yang telah berani melakukan review dan perubahan langsung ke ISO manjemen mutu edisi kelima. Padahal fakultas ini tidak pernah mengikuti ISO edisi sebelumnya.

"Luar biasa. Ini sebuah terobosan berani. Saya salut walau ada sejumlah catatan yang disarankan namun dalam pemeriksaan audit saya tidak menemukan ketidaksesuaian dalam pengintegrasian manajemen," kata Boedi disambut rasa syukur dan tepuk tangan civitas akademika.

Rasa bangga juga disampaikan Dekan Fakultas Hukum UIR Prof. Dr. Syafrinaldi. Calon kuat Rektor UIR masa khidmat 2017-2021 ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada team leader BSI yang dalam beberapa hari telah menghabiskan waktu melakukan pemeriksaan terhadap manajemen Fakultas Hukum.

Menurut Syafrinaldi, setelah hukum memperoleh akreditasi A dari BAN PT pihaknya bersama civitas akademika memang berkomitmen untuk meningkatkan performa fakultas hukum agar lebih baik dengan menerapkan standar internasional.

"Raihan ISO 9001:2015 yang direkomendasikan tim leader BSI merupakan langkah nyata fakultas hukum mendukung sekaligus mempertahankan capaian akreditasi. Ini bukan semata keberhasilan fakultas hukum tetapi juga UIR," kata Syafrinaldi.

Karena itu, Syafrinaldi berpesan kepada seluruh dosen dan karyawan supaya tidak hanyut dan terlena dengan capaian ISO. Sebaliknya dapat menjadikan sertifikat ISO sebagai starting point berbuat lebih baik dan lebih tepat agar fakultas hukum bisa berjaya, gemilang, cemerlang dan terbilang di masa mendatang. Tugas kita ke depan, lanjut ahli HAKI ini, mempertahankan ISO.
"Fakultas hukum akan menjadi contoh bagi fakultas-fakultas lain di lingkungan UIR dalam manajemen mutu dan peraihan ISO," ujar Syafrinaldi. (dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index