Sindir PLN, Jonan: nungguin bisikan teman

Sindir PLN, Jonan: nungguin bisikan teman
Menteri ESDM, Ignasius Jonan

Riauaktual.com - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, menyindir PT PLN sebagai satu-satunya BUMN di sektor ketenagalistikan karena masih belum juga mengesahkan Rencana Usaha Penyedia Tenaga Listrik (RUPTL) 2017-2026.

"Prinsipnya sebenarnya Desember 2016 sudah selesai, Januari juga sudah. PLN ini yang agak lama parafnya, nungguin bisikan temannya," kata Jonan, di Jakarta, hari ini.

Pengesahan RUPTL pada Maret ini, dinilai Jonan terlalu lama. Karena hal itu, tahun depan ia ingin RUPTL selesai pada akhir Januari, supaya bisnis PLN cepat selesai prosesnya dan mitra-mitra PLN tidak terhambat kinerjanya.

Ia juga mengharapkan perubahan dari RUPTL tidaklah berubah secara signifikan. Informasi dari Kementerian ESDM, PT PLN juga diimbau untuk membuat rencana zonasi pasokan gas untuk pembangkit baru.

Sejalan dengan pemerintah, target pembangunan infrastruktur listrik PT PLN (Persero) dalam RUPTL ini akan mengedepankan EBT.

PT PLN juga akan mengembangkan PLTU Mulut Tambang dengan target total kapasitas adalah sebesar 7.300 MW dan 1.600 MW PLTU Mulut Tambang akan dibangun di Kalimantan. Sisanya akan dibangun di Sumatera.

Pembangunan pembangkit PT PLN juga hingga tahun 2025 ditargetkan sebesar 77 GW, transmisi sebesar 67.422 km dan gardu induk dengan target 164.170MVA.

 

Sumber : Antara
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index