Empat Unit F16 Fighting Falcon Kembali Ke Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru

Empat Unit F16 Fighting Falcon Kembali Ke Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru
f16

Riauaktual.com - Empat unit pesawat tempur jenis F16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 kembali ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, setelah menyelesaikan misi mendukung Peringatan HUT ke-71 TNI Angkatan Udara.

"Terima kasih, dan saya bangga atas keberhasilan seluruh personel Skadron Udara 16 dalam menjalankan tugas pada puncak peringatan Hari Jadi TNI AU yang ke-71," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi di Pekanbaru, Selasa, sebagaimana dikutip dari Antarariau.com.

Ia menjelaskan satu flight F16 Block A/B tersebut meninggalkan Lanud Roesmin Nurjadin selama dua pekan lamanya. Letkol Pnb Nur Alimi yang merupakan Komandan Skadron Udara 16 langsung memimpin misi tersebut.

Sementara itu, sebelum memeriahkan puncak Hari Jadi TNI AU di Lanud Halim Perdana Kusuma, pesawat buatan Amerika tersebut terlebih dahulu ke Lanud Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur.

Dua skadron tempur Lanud Roesmin Nurjadin terlibat dalam perayaan puncak hari jadi TNI AU ke-71. Selain F16, juga terdapat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

Selama kegiatan berlangsung baik di Lanud Iswahyudi maupun di Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama Henri Alfiandi turut hadir mendampingi prajuritnya serta memimpin Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 dalam menjalankan tugasnya untuk mendukung seluruh rangkaian peringatan HUT TNI AU yang ke-71.

TNI Angkatan Udara unjuk kekuatan pada Peringatan HUT ke-71 TNI Angkatan Udara dengan mengerahkan 132 pesawat tempur dan angkut berbagai jenis di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4).

Berbagai kegiatan seperti parade, defile, demo udara dan demo darat melibatkan beberapa unsur kekuatan TNI Angkatan Udara.

Berbagai kegiatan tersebut melibatkan personel sekitar 1600 orang dan 132 pesawat, yang terdiri dari pesawat Sukhoi 27/30, F-16, T-50i, Hawk 109/209, EMB-314, Boeing, C-130 Hercules, CN-295/235/235 MPA, EC-120 B, NAAS 332/ SA -330/C-725, Grob G-120 TP, KT-1 Woong Bee, T-41 Cessna, dan UAV.

Dalam demo udara digelar "fly pass" pesawat latih, "fly pass" pesawat helikopter, "fly pass" pesawat angkut, "fly pass" pesawat tempur, maupun penampilan aerobatik udara Jupiter Aerobatic Team.

Selain itu juga ditampilkan pertempuran udara pesawat Sukhoi dengan F-16, manuver Bomb Burst, Hi Speed Pass F-16 dan Sukhoi menggunakan flare, simulasi serangan udara langsung (SUL), demo SAR Tempur, simulasi bantuan tembakan udara (BTU) serta terjun payung operasi perebutan dan pengendlian pangkalan udara (OP3U).
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index