MTQ XII Kecamatan Dayun

Kampung Sialang Sakti Raih Juara Umum

Kampung Sialang Sakti Raih Juara Umum
Bupati Siak Drs H SDyamsuar MSi menyerahkan piala bergilir kepada peraih juara umum, Kampung Sialang Sakti.

Riauaktual.com - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menutup helat syiar Islam di Kampung Sialang Sakti, MTQ XII tingkat Kecamatan Dayun, dihalaman Masjid Baituttaqwa, Minggu (9/4) malam. Bupati Syamsuar malam itu mengaku senang bisa hadir berdua sekaligus dengan Wakil Bupati Alfedri.

Malam itu, Syamsuar mengapresiasi kecamatan Dayun dalam percepatan peningkatan kualitas qori dan qoriahnya. "Prestasi ini sangat luar biasa, kalau ada kemauan dan usaha, apa yang diinginkan oleh pak Camat sebagai juara umum di tingkat kabupaten bisa terwujud," ujar Syamsuar.

Dijelaskan Syamsuar, tahun-tahun sebelumnya kecamatan Dayun berada diurutan 12, namun setelah kerja keras dari semua pihak terkait pada MTQ Kabupaten di Sungai Mandau tahun lalu, bisa melejit ke posisi 4 dari 14 kecamatan.

Lebih lanjut mantan Camat Siak itu mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah bagaimana kita  berupaya mengaplikasikan ajaran yang dikandung kitab suci itu dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini adalah upaya mensyiarkan Al Qur’an disamping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya. Dengan syiar itu kita dituntut untuk mencintai Al Qur’an, dengan cara menghafal dan memahami isi kandungan Al Qur’an itu sendiri," katanya.

Syamsuar juga menyampaikan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak tahun ini usai Idhul Fitri, selaku tuan rumah adalah kecamatan Siak. Pada iven tahunan itu akan ada penambahan cabang-cabang yang baru.

Selain itu pihaknya telah mempersiapkan piala Bupati untuk anak-anak pecinta Hadroh pada festival hadroh tingkat kabupaten Siak yang waktunya bersamaan dengan MTQ.

Sementara Camat Dayun, I Wayan Wiratama menyampaikan, MTQ tingkat kecamatan Dayun berlangsung selama tiga hari. Diikuti 11 kampung se kecamatan Dayun, jumlah kafilah sebayak 350 orang. Sementarai peserta pawai diikuti sebanyak 5000 orang.

"Harapan kita masyarakat lebih meningkatkan ibadahnya dan syiar agama, melalui program yang telah di arahkan oleh pemerintah kabupaten. Seperti, program magrib mengaji, program kampung binaan keluarga sakinah, PDTA, dan pondok pesantren," ucap camat. (jas)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index