Disprindag Sebut Harga Komoditi Turun 10 Persen

Disprindag Sebut Harga Komoditi Turun 10 Persen
ilustrasi

Riauaktual.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru menyebutkan bahwa minggu ini harga beberapa komodoti mengalami penurunan harga sekitar 10 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, ketika ditemui, Senin(10/4) menyebutkan jika penurunan harga yang paling drastis terjadi pada semua jenis holtikultura.

"Penurunan harga yang paling dominan itu berada pada jenis holtikultura seperti cabe merah, dan bawang merah ada penurunan 5 persen sampai 10 persen," ujarnya.

Menurut Irba, harga cebe merah Sumbar saat ini dijual dengan sebesar Rp30 ribu per kg. Harga ini turun jika dibandingkan dengan minggu lalu yang mencapai Rp 34 ribu. Sementara cabe merah Medan dan Jawa juga ikut turun menjadi Rp26 ribu.

Sedangkan untuk jenis cabe hijau seharga Rp22 ribu, cabe rawit sudah turun jadi Rp 40 ribu. Kemudian bawang merah Rp 26 ribu. Lanjutnya, yang terjadi kenaikan adalah komoditi kacang hijau dari Rp18 ribu jadi Rp20 ribu.

"Lalu bawang putih naik sekitar 7 persen dari Rp30 ribu menjadi Rp 32 ribu," sebutnya.

Untuk hasil perikanan sendiri lanjut Irba,  seperti ikan tongkol Rp32 ribu per kg. Untuk ikan gembung dari Rp40 ribu ke Rp38 ribu per kg. Penurunan harga sembako akibat mulai panennya daerah sentra tanam.

"Penurunan harga ini disebabkan sudah mulainya panen di sentra-sentra tiga pintu, lintas Timur, Barat dan Utara. Jadi harga turun,” katanya.

Irba menambahkan, meskipun terjadi penurunan. Pihak Disperindag akan terus melakukan pengawasan karena tidak lama lagi akan memasuki momen ramadan.

"Meski harga sembako turun kita tetap melakukan pengawasan. Kita berharap awal ramadhan mendatang harga  masih dapat bertahan dan tidak mengalami kenaikan," tutupnya. (yan)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index