Chairil Anwar diusulkan jadi pahlawan nasional

Chairil Anwar diusulkan jadi pahlawan nasional
Lukisan foto Chairil Anwar bersama sepenggal puisinya

Riauaktual.com - Sejumlah budayawan dan sastrawan asal Sumatera Barat mengusulkan penyair Chairil Anwar menjadi pahlawan nasional karena telah ikut berjuang melalui karya sastranya.

Ketua Forum Inisiator Pengusulan Chairil Anwar menjadi Pahlawan Nasional, Gus TF Sakai, mengatakan berdasarkan karya-karyanya Chairil Anwar pantas diberi gelar pahlawan nasional. "Chairil juga punya hubungan yang erat dengan pejuang sekelas Sutan Syahrir, Sukarni dan Khairul Saleh," katanya seperti dilansir Antara, hari ini.

Dia mengatakan, semua yang terlibat dalam Forum Inisiator ini adalah para sastrawan dan budayawan yang ada di Sumbar, di antaranya Khairul Jasmi, Iyut Fitra, Yulfian Azrial, Yudilfan Habib dan Rayfoster WM. Selain itu, Muhammad Bayu Vesky dan Yusra Maiza, Fajar Rillah Vesky, Adri Sandra, Nasrul Azwar, Dr Yusril serta Ade Suhendra.

Budayawaman Yulfian Azrial mengatakan, jika WR Supratman dinobatkan sebagai pahlawan nasional lewat lagu Indonesia Raya, maka Chairil pun layak menjadi pahlawan nasional. "Chairil Anwar juga berjuang lewat karya-karya puisinya yang monumental," kata dia.

Wartawan senior Khairul Jasmi menambahkan, wacana gelar pahlawan untuk Chairil Anwar bukanlah sekadar wacana belaka. "Kami serius soal ini," katanya.

Anggota Forum Inisiator ini diketuai oleh Gus TF Sakai, Wakil Ketua Iyut Fitra, Sekretaris Yulfian Azrial, Wakil Sekretaris Rayfoster WM dan Yusra Maiza sebagai Bendahara.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index