Lecehkan Profesi Wartawan, Ketua PWI Bengkalis Minta Safrana Minta Maaf

Lecehkan Profesi Wartawan, Ketua PWI Bengkalis Minta Safrana Minta Maaf
anggota DPRD Bengkalis Safrana Firza kedapatan tertidur saat sidang paripurna

Riauaktual.com - Anggota DPRD Bengkalis, Safrana Firza dinilai telah melecehkan profesi wartawan dan harus meminta maaf, terkait pernyataannya terhadap pemberitaan terhadap dirinya yang kedapatan tertidur pulas saat mengikuti sidang paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bengkalis tahun 2016 yang disampaikan oleh Plt Sekda H. Arianto, Selasa (04/04/2017) sore.

"Kenapa seorang wakil rakyat yang terhormat harus berkomentar seperti itu dengan melecehkan profesi wartawan terkait pemberitaan yang dibuat wartawan, terkait kedapatan tidur pulas saat sidang paripurna, intinya kita minta Safrana minta maaf atas penyataannya tersebut," tegas Usman Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis  Minggu (09/04/2017)

Dikatakanya sebagai seorang anggota DPRD harus bersikap bijak dalam memberikan komentar dari konfirmasi sesorang wartawan dan jangan menilai setiap wartawan yang mengkonfirmasi berita harus ada imbalannya. Seharusnya sebagai seorang anggota DPRD apa lagi menjabat sebagai ketua DPC PPP tentu akan memiliki wawasan yang luas.

"Boleh saja anda selama ini menilai setiap wartawan yang membuat berita ada imbalannya, akan tetapi anda sebagai seorang wakil rakyat jangan menyamakan semua wartawan yang datang maupun mengkonfirmasi berita ujung-ujungnya duit," kata Usman.

Hal yang sama juga diungkapan Ketua Forum Wartawan Kejaksaan Negeri (Forwari) Bengkalis Erwin Syah Putra didampingi Sekjen Adi Putra mengatakan seharusnya Safrana sebagai seorang pejabat dan wakil rakyat harus berpikir terlebih dahulu dalam memberikan pernyataan dan tidak harus melecehkan profesi wartawan, padahal selama ini dengan anggota DPRD Bengkalis yang lainnya hubungan wartawan tetap harmonis.

"Jadikan wartawan sebagai mitra dan kewajiban seorang wartawan untuk mengkonfirmasi kepada nara sumber sesuai kode etik yang ada pada jurnalistik," kata Erwin.

Diberitakan sebelumnya Safrana Firza anggota DPRD Bengkalis dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tidur saat sidang paripurna penyampaian LKPJ Bupati, Selasa (4/4/2017) sore lalu, mengaku sangat berterima kasih dengan pemberitaan tersebut dan ia tidak ada uang untuk imbalan atas pemberitaan itu. Sikap Safrana ini dinilai merendahkan profesi wartawan dengan menyebut pemberitaan tersebut bisa dibayar dengan uang.

"Saya sangat berterima kasih atas pemberitaan tersebut saya jadi tenar dan saya tidak ada duit untuk imbalan berita anda, "kata Safrana ketika dikonfirmasi," Kamis (6/4/2017).

Selain itu Safrana dengan arogannya melalui pesan short message (SMS)  mengukur profesi wartawan dengan uang karena ia menilai setiap wartawan yang membuat pemberitaan harus mendapatkan imbalan.

"Mas, saya bukan ukur. Sy tidak marah. Bekerja ada imbalannya. Sebaik itu mas kepada saya tapi sy ngak bisa balas," kata Safrana melalui pesan singkatnya seakan menyindir.

Selain itu Safrana tidak merasa berdosa atas aksi tidurnya saat sidang paripurna tersebut, bahkan ia sempat mengirimkan sms. "Dewan tidur,  hehehe, " tulis Safrana. (putra)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index