Guru Olahraga dan Kesenian di Bengkalis Dinilai Belum Kompeten

Guru Olahraga dan Kesenian di Bengkalis Dinilai Belum Kompeten
ilustrasi

Riauaktual.com - Tugas dan pokok fungsi dua tenaga pengajar bidang ilmu olahraga dan kesenian pada sekolah dasar di Kabupaten Bengkalis dinilai belum kompeten. Salah satu faktor yaitu, disebabkan adanya perbedaan perkembangan dunia pendidikan dulu dan sekarang.

Hal itu diakui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Bengkalis Moch Siddik kepada sejumlah wartawan ketika menghadiri kegiatan penutupan Olimpiade Olahraga (O2SN) dan Lomba Seni (FL2SN) serta Tahfiz SD belum lama ini di Bengkalis.
 
Dikatakannya, hal ini juga dipengaruhi pengajar di sekolah mayoritas saat ini alumni dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan tidak sama dengan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) lama yang memang ada jurusan kedua bidang ilmu Kesenian dan Olahraga.

"Kita jujur karena yang namanya PGSD ini tidak sama dengan SPG lama, dan SPG memang ada jurusan itu. PGSD sekarang tidak ada, ketika dipaksakan pun olahraga dan seni ini keterampilannya juga sudah beda dan membutuhkan keahlian. Jadi memang tidak bisa dipaksakan. Guru kita yang ada sekarang belum ideal akan tetapi kalau untuk dasar-dasar
sebenarnya tidak ada alasan,” ungkapnya.

Hal tersebut juga diungkapkan Siddik ketika minimnya pihak sekolah untuk mengikuti kegiatan dua bidang ilmu tersebut.

Dirinya berharap dan mengusulkan kepada Disdik Kabupaten Bengkalis untuk memberikan sebuah pendidikan dan pelatihan khusus kepada guru-guru SD berbakat olahraga dan kesenian.

"Kalau sekarang ini macam tumbuh dengan sendirinya. Oleh karena itu kami mengusulkan kepada dinas, di tahun depan guru-guru olahraga dan seni diberikan kegiatan atau program menyiapkan siswa untuk olimpiade. Bisa berdayakan guru honor daerah untuk dilatih, saya pikir cara itu tidak akan memerlukan waktu yang lama dan merata baik sekolah besar dan kecil. Akan tetapi, jika dibiarkan begitu saja dan dipaksakan saya kira tidak berhasil,” paparnya. (PUT)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index