Sampai Saat ini Fiber Optik Belum Beroperasi

Sampai Saat ini Fiber Optik Belum Beroperasi
ilustrasi

Riauaktual.com - Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru, Heri Susanto mengakui jika proyek fiber optik belum berjalan sesuai rencana. Hal ini disebabkan kerugian yang dialami pihak investor.

"Kerugian ini bukan diderita langsung oleh PT SPP melainkan oleh investor. Penyebab kerugian terbesar adalah banyak kabel FO yang sudah ditanam dipinggir jalan putus karena kegiatan penggalian kabel yang dilakukan oleh pihak lain," ujar Heri.

Menurut Heri, untuk penggantian kabel yang putus tersbut, pihak investor mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Karena ruas kabel yang putus cukup banyak dan hampir selalu terjadi ketika adanya penggalian kabel oleh PLN atau operator telepon lain

"Yang putus itu banyak, bukan sedikit. Hal ini yang mengakibatkan fiber optik belum jalan," papar Heri.

Lebih jauh dikatakan Heri, selama ini pihaknya tidak pernah mendapat surat atau informasi dari Pemko maupun pihak penggali, terkait akan ada penggalian diposisi kabel FO milik PT Sarana Pembagunan Pekanbaru. Karena baru ketahuan setelah penggalian berlangsung. Semisal kegiatan penggalian yang pernah berlangsung di sekitar Jalan A Yani atau juga di Jalan Sukarno Hatta.

"Setiap penggalian pasti ada saja yang putus, hal ini menjadi penyebab belum bisanya Fiber Optik di fungsikan," cetusnya.

Selain itu, lanjut Heri belum tuntasnya pembagunan gedung server juga turut menyebabkan kerjasama FO dengan PT sarana Pembangunan Pekanbaru dengan pihak ketiga masih belum jalan.

Sebagaimanq diketahui,  fiber optik ini merupakan salahsatu perluasan usaha PT Sarana Pembangunan Pekanbaru ketika masih berstatus PD. (yan)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index