Sejumlah Sepeda Motor Terjaring Razia Balapan Liar

Sejumlah Sepeda Motor Terjaring Razia Balapan Liar
razia polres rohul

Riauaktual.com - Jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rokan Hulu yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas, AKP Dasmaliki menggelar razia rutin balap liar serta kendaraan roda dua yang menggunakan Knalpot Racing di seputaran Bundaran Ratik togak, komplek Pemda Rohul, kota Pasir Pengaraian, Sabtu (8/4) malam dimulai pukul 23:00 Wib hingga Minggu (9/4) dinihari sekira pukul 01.00 Wib.

Razia rutin ini bertujuan menertibkan jalur lalulintas khususnya pada malam Minggu dan umumnya malam lainnya. Balap liar dan sepeda motor yang menggunakan knalpot racing kerap dilakukan dan digunakan para remaja diruas jalan Tuanku Tambusai Kompleks Pemda Rohul. Bahkan, agar tidak ditangkap, para remaja terpaksa kucar-kacir melarikan diri ketika didatangi para kepolisian.

Aksi balapan liar yang melibatkan remaja itu, selain berbahaya bagi para pembalap itu sendiri, juga sangat meresahkan warga sekitar dan para pengguna ruas jalan tersebut. Bahkan, beberapa waktu lalu tidak sedikit yang mengalami kecelakaan. Begitu juga dengan suara sepeda motor yang menggunakan knalpot racing membuat suasana malam terganggu.

Kapolres Rohul, AKBP Yusup Rahmanto melalui Kasat Lantas Polres Rohul, AKP Dasmaliki menjelaskan, razia rutin ini dilakukan setiap malam minggunya bertujuan untuk menertibkan para remaja yang kerap ugal-ugalan dijalanan sehingga menyebabkan pengguna jalan lainnya terganggu serta mengamankan sepeda motor yang menggunakan knalpot racing.

“Razia yang kita gelar ini selain menertibkan lalulintas, kita juga menertibkan ruas jalan dari balap liar dan juga sepeda motor yang menggunakan knalpot racing yang kerap digunakan para remaja,” tutur Dasmaliki ketika memimpin oprasi razia rutin tersebut.

Selain itu, Dasmaliki juga memaparkan, akibat daru ugal-ugalan para remaja dijalanan juga mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalulintas setiap pengendara yang melintasi ruas jalan sekitaran komplek Pemda Rohul dan Islamic Center itu.

“Selain penertibam lalu lintas, razia yang kita lakukan ini, untuk mencegah terjadinya keributan atau perkelahian antar pemuda, baik itu pemuda antar desa maupun yang lainnya,” papar Dasmaliki.

Razia kali ini Satlantas Polres Rohul menurunkan personil sebanyak 40 orang. Kegiatan ini akan digelar setiap malamnya dan akan menurunkan ratusan personil demi tertibnya lalulintas diwilayah hukum Polres Rohul. Bagi yang melakukan balap liar akan ditahan dan diamankan di Polres Rohul selama 2 bulan.

“Saya menghimbau kepada pemuda untuk dapat menggunakan ruas jalan sesuai aturan. Jika pemuda ingin nongkrong silahkan, tetapi jangan mengganggu ketertiban umum,” tegasnya.

Dari giat yang digelar jajaran Polres Rohul yang di pimpin langsung oleh kasat lantas AKP Dasmaliki telah berhasil mengamankan 8 Unit sepeda motor di duga ugal-ugalan dan menggunakan knalpot racing.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index