Panduan Kredit Mobil Agar Tidak Menyesal Kemudian

Panduan Kredit Mobil Agar Tidak Menyesal Kemudian
ilustrasi

Riauaktual.com - Membeli kendaraan termasuk mobil secara kredit kini telah menjadi pilihan masyarakat. Namun tak sedikit konsumen yang gigit jari karena mobilnya ditarik pihak leasing atau bank karena tak mampu membayar cicilan.

Nah jika Anda tidak ingin mengalami nasib serupa, alangkah baiknya sebelum kredit kendaraan harus tahu tips-tipsnya. Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil secara kredit.

Pertama, pastikan bank atau leasing yang dipilih memiliki bunga rendah agar kamu tidak kesulitan ke depannya. Selain bunga yang rendah juga wajib dipastikan tidak berubah. Dengan cara ini, kamu bisa memastikan berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk membayar cicilan tersebut.

Kedua, jika memungkinkan, usahakan Down Payment (DP) yang dibayar cukup atau lebih bagus lagi jika DP bisa lebih dari angka minimum yang ditentukan. Hal ini sebenarnya akan membantu meringanka besarnya cicilan perbulan.

Lalu yang ketiga, jangan sampai lengah, pastikan bank yang dipilih memiliki banyak variasi dalam asuransi. Pasalnya, asuransi merupakan hal penting, baik dalam kesehatan maupun dalam membeli kendaraan. Pastikan bank atau jasa pembiayaan yang dipilih memiliki banyak variasi dalam mengasuransikan kendaraan yang Anda beli. Baca baik-baik setiap poin perjanjian sebelum memutuskan mana bank atau jasa pembiayaan yang dipilih.

Tenor cicilan sangat menentukan, jangan sampai salah dalam memilih tenor bulanan. Perhatikan tenor yang akan diambil, perhatikan juga kemampuan dalam membayar jumlah cicilan setiap bulan. Caranya adalah dengan memperhatikan pendapatan yang didapat setiap bulan. Pastikan pendapatan dan tenor yang diambil seimbang, sehingga cicilan per bulan selalu dapat dipenuhi.

Yang terakhir, jangan sampai tergiur dengan promo-promo awal yang membuatmu kesusahan di tengah proses cicilan. Sekarang ini, banyak sekali bank atau jasa pembiayaan yang memberikan promo menggiurkan agar para pembeli mudah percaya dan dengan cepat memilih bank tersebut sebagai jasa pembiayaan mereka.

Perhatikan setiap poin dalam formulir persetujuan cicilan sebelum memutuskan agar Anda tidak terjebak dengan termin yang kecil di awal namun tiba-tiba membesar di periode akhir cicilan.


Sumber : viva.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index