Rasionalisasi Anggaran Pemprov Riau Capai Rp700 Miliar Lebih

Rasionalisasi Anggaran Pemprov Riau Capai Rp700 Miliar Lebih
uang

Riauaktual.com -  Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi sebut rasionalisasi anggaran yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mencapai Rp700 miliar lebih.

Menurut Hijazi, rasionalisasi dilakukan karena anggaran yang over estimate. Karena itu tidak ada pilihan lain selain pemangkasan, agar penggunaan anggaran bisa dimanfaatkan yang lain.

"Tatkala ketersediaan danannya kurang maka itu perlu dilakukan rasionalisi belanja. Hasil rasionalisasi paling tidak menutup defisit. Diperkirakan mencapai Rp700 miliar lebih," kata Hijazi, sebagaiaman dikutip dari mc riau, hari ini.

Rasionalisasi tersebut juga sebagai bentuk antisipasi serta memenuhi kebutuhan anggaran yang selama ini defisit akibat harga minyak dan gas (migas) yang tak bisa lagi dihandalkan.

Meski begitu, mantan Kadiaperindag Kota Batam ini menyatakan rasionalisasi anggaran Rp700 miliar lebih tersebut tak boleh dionggok tak digunakan untuk keperluan belanja daerah.

"Karena proses anggaran kita balance antara Ketersediaan dana dan belanja. Tidak boleh dana itu teronggok tanpa masuk dalam daftar belanja. Tapi rasionalisasi ini juga tetap melibatkan DPRD Riau. Jadi eksekusinya tak boleh dilakukan Pemprov sendiri. Tetapi bersama DPRD," papar Hijazi.

Lebih lanjut, Sekda juga menyatakan yang menjadi persoalan dengan adanya rasionalisasi anggaran tersebut tidak semata keuangan berlebih. Namun tumpukan hutang seperti main stadium beserta infrastrukturnya juga wajib dibayarkan.

"Tapi kitakan ada beban hutang yang harus ditutup untuk membayar hutang main stadium beserta infrastrukturnya," ujar Hijazi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index