Dua Remaja Tenggelam di Pelabuhan TPI

Sebelum Tenggelam, Korban Sempat Beri Pertolongan

Sebelum Tenggelam, Korban Sempat Beri Pertolongan
ilustrasi

Riauaktual.com - Dua remaja, Yudi Novri (20) dan Muhammad Ridwan (16) yang tenggelam disekitar perairan. Dermaga pelabuhan roro TPI, berhasil ditemukan. Kedua korban dan rekannya yang selamat Seka Redi dan Nur Amri sempat berusaha saling tolong-menolong sebelum akhirnya kedua korban tenggelam.

Hal tersebut diceritakan langsung oleh teman korban yang selamat, Nur Amri saat dijumpai awak media, Rabu kemarin di Dermaga Penyebrangan Roro Dumai-Rupat.

"Sebelum kejadian, awalnya saya dan Seka dan Ridwan pergi pangkas rambut ke tempat Yudi. Sehabis pangkas rambut, kami berempat sepakat untuk berenang di Dermaga penyebrangan," ujar Nur Amri.

Sesampainya di Dermaga Penyebrangan mereka berempat sepakat hanya berenang di pinggir dan tidak ada niat untuk berenang ke tengah atau menyeberang dari Dermaga Pelabuhan Roro ke pelabuhan TPI.

"Awalnya kami berenang di tepi saja, dan hingga akhirnya saya mencoba untuk mengajak menyebrang ke Dermaga TPI, namun teman saya atas nama Yudi Novri tidak mau ikut untuk berenang menyeberang melainkan naik kembali ke atas Dermaga Pelabuhan Roro," jelasnya.

Dilanjut remaja yang masih duduk dibangku Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 4 kota Dumai ini, karena Yudi tidak mau ikut dengannya bersama satu korban atas nama Ridwan, Seka tetap melanjut berenang ke dermaga seberang.

"Waktu kami bertiga berenang ke Dermaga seberang, saya memilih balik arah ke Dermaga Roro karena arus kuat sehingga tinggal Seka dan Ridwan yang terus berusaha menyeberang menuju dermaga Pelabuhan TPI. Dalam perjalanan Seka sempat lemas namun seka sampai ke dermaga sementara Ridwan yang terus berenang untuk berusaha sampai ke dermaga tiba tiba lemas ditengah jalan dan sempat tenggelam," terang Amri.

Melihat Ridwan yang mulai tenggelam dan meminta pertolongan, Seka sempat meminta pertolongan kepada warga. Namun karena melihat Ridwan yang semangkin melemas dan tidak bisa berenang lagi, Yudi langsung terjun ke laut dan berhasil menggapai Ridwan dan berusaha membawa Ridwan ke tepi.

Seka yang berada dekat dengan posisi keduanya langsung melemparkan tali namun lemparannya melebihi dari posisi mereka. Dikarenakan kondisi cuaca yang kurang bagus, keduanya terseret arus dan tenggelam.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 21.55 WIB petugas dari Satpol Air Dumai, Lanal Dumai, Basarnas dan BPBD masih melakukan penyisiran disekitar dermaga untuk mencari kedua korban.

Setelah melakukan pencarian bersama-sama atas dua remaja yang tenggelam disekitar perairan laut Dermaga TPI Purnama, akhirnya salah satu korban atas nama Muhammad Ridwan (16) berhasil ditemukan.

Ditemukannya korban oleh tim gabungan yang dibantu masyarakat bermula saat salah seorang masyarakat melakukan penyelaman dibantu alat pernapasan disekitar tempat kejadian.

Rono warga kota Dumai yang saat itu berada di sekitar Pelabuhan TPI Purnama ketika diwawancarai Xnewss membenarkan bahwa ada satu korban tenggelam berhasil diselamatkan.

"Ya, benar, tadi ada masyarakat yang menyelam menggunakan alat bantuan berhasil menemukan korban Ridwan dibawah dermaga TPI Purnama," singkatnya

Saat ini korban atas nama Ridwan sudah dibawa ke RSUD Dumai menggunakan mobil dari BPBD untuk mendapat pemeriksaan intensif.(sul)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index