Abdul Gafar korban penganiayaan yang diduga dilakukan yusuf sikumbang

Aniaya Teman Separtai Hingga Babak Belur, Anggota DPRD Riau Yusuf Sikumbang Dilaporkan ke Polda

Kamis,06 April 2017 - 18:48:32 WIB | Di Baca : 26081 Kali

Riauaktual.com - Mantan Anggota DPRD Pekanbaru periode 2009-2014, Abdul Gafar SHI dan rekannya Riko Alfiano, mengaku telah dipukuli dan dikeroyok oleh anggota DPRD Riau HM Yusuf Sikumbang dengan menggunakan benda tumpul.

Kasus penganiayaan ini, sudah dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Riau dengan nomor laporan : SPTL/154/III/2017/SPKT/RIAU tentang dugaan tindak pidana penganiayaan atas nama terlapor Abdul Gafar SHI.

"Saya sudah laporkan saudara Yusuf Sikumbang ke polisi dini hari tadi," kata Abdul Gafar, kepada Riauaktual.com, melalui sambungan telepon, Kamis (06/04/17)

Gafar dalam pengakuannya mengatakan, tindak dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh Anggota DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PKB, Dapil Kota Pekanbaru itu bermula saat dia ingin menagih janji kepada rekannya Yusuf Sikumbang yang notabene adalah rekan satu partai.

Saat itu, Rabu (05/04/17) sekitar pukul 22.00 WIB, dia dan rekan satu partainya Riko Alfiano, dipanggil Yusuf Sikumbang untuk menyelesaikan komitmen dan janjinya memberikan kompensasi apabila duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Riau.

Dalam perjanjiannya itu, Abdul Gafar, Riko Alfiano dan Nurleli yang berangkat memakai perahu PKB sebagai Caleg DPRD Provinsi Riau bersamaan dengan Yusuf Sikumbang, dijanjikan menerima sejumlah uang yang dijanjikan Yusuf apabila tidak duduk.

"Isi dari perjanjian itu memberikan kontribusi berupa financial kepada calon yang tidak duduk dibawahnya," jelas Abdul Gafar.

Tiga tahun berjalan, Abdul Gafar dan rekannya lalu menagih perjanjian tersebut. Bahkan dia dan teman-temannya sudah membuka rekening tabungan sebagaimana yang diarahkan oleh Yusuf Sikumbang.

"Saat saya menelepon dia (Yusuf,red) saya disuruh datang kerumahnya. Sesampainya dirumah yusuf, dia tidak ada ditempat," jelasnya.

Upaya komunikasi lewat sambungan telepon terus dilakukannya. Dan tepat pukul 22.10 WIB, dia diajak bertemu oleh Yusuf Sikumbang di Jalan Kualu Panam. Saat sampai ditempat kejadian, Abdul gafar dan rekannya Riko terkejut karena melihat orang sudah berkumpul.

"Saat ditanya mengapa orang ramai disini, lalu yusuf mengatakan bahwa dia baru saja berkumpul dengan teman organisasinya PKDP," jelasnya.

Tak ingin panjang lebar, Gafar dan rekannya Riko lalu bercerita maksud dan tujuan mendatangi saudara Yusuf. Saat menyampaikan maksud dan tujuan itu, kemarahan yusuf memuncak.

"Dia (Yusuf,red) lalu mengeluarkan kata-kata kotor dan bersama teman-temannya langsung meninju saya dan memukul saya dengan kayu dan batu," tukasnya.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tedjo, membenarkan adanya kasus tersebut. Pihaknya saat ini tengah mengumpulkan barang bukti dan saksi-saksi mengenai peristiwa tersebut.

"Yang pastinya karena korban sudah melapor, kepolisian akan mengumpulkan bukti serta saksi," jelasnya.

Sementara itu, saat Riauaktual.com menghubungi Yusuf Sikumbang, nomor handphone anggota DPRD Riau itu tak aktif.

Menangapi hal tersebut, Sekretaris DPW PKB Riau, Ade Agus Hartanto akan menindaklajuti kejadian tersebut. "Saya dah dengar kejadian. Secepatnya para pihak kita panggil," pungkas Anggota DPRD Riau ini. (dwi)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com