Amnesti pajak sebabkan deflasi

Amnesti pajak sebabkan deflasi
Amnesti pajak (antara)

Riauaktual.com - Pengamat ekonomi, Aviliani, berpendapat, program pengampunan pajak alias amnesti pajak, turut menyumbang deflasi yang tercatat sebesar 0,02 persen pada Maret 2017.

"Dengan amnesti pajak, banyak orang yang sebagian ikut sehingga ada pengurangan konsumsinya. Itu juga memengaruhi harga," kata Aviliani, di Jakarta, hari ini.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik mencatat pada Maret 2017 terjadi deflasi 0,02 persen. BPS menilai penurunan harga sejumlah bahan makanan menjadi penyumbang utama deflasi tersebut.

Aviliani menilai deflasi yang terjadi Maret 2017 sebagai hal yang wajar. Dia mengatakan ke depannya pemerintah perlu memperhatikan mengenai masalah pangan.

"Memang ini harus dijaga inflasi-deflasi, kesinambungan. Karena biasanya kalau sudah inflasi, untuk turun kembalinya susah," kata dia, sebagaimana dikutip dari Antara.

Kepala BPS, Suhariyanto, di Jakarta, Senin (3/4), mengatakan bahan makanan terdeflasi 0,66 persen sehingga andilnya terhadap deflasi Maret 2017 sebesar 0,14 persen.

Adapun komoditas pangan yang berkontribusi terhadap deflasi antara lain cabai merah 0,08 persen, beras 0,03 persen, cabai rawit 0,03 persen, ikan segar 0,02, telur ayam ras 0,02, dan bawang putih 0,01 persen.

"Penurunan harga yang lumayan tajam untuk beberapa pangan dominan tersebut, menyebabkan terjadinya deflasi pada kelompok pengeluaran bahan makanan," ujar Suhariyanto.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index