Oknum Wartawan paksa petani beli kaos Buser

Oknum Wartawan paksa petani beli kaos Buser
ilustrasi

Riauaktual.com - Oknum wartawan memaksa petani tambak di Kawasan Waduk Calincing, Desa Sindangjaya, kecamatan Ciranjang, Cianjur Jawa Barat, untuk membeli kaos bertuliskan Buser seharga Rp100 ribu, dan petani melaporkan wartawan itu ke polisi.

Kapolsek Ciranjang Kompol S Lubis seperti dikutip dari Antara, kemarin mengatakan, ada enam orang wartawan yang mengaku dari media mingguan terbitan Bandung, dan tiga diantaranya telah ditangkap.

"Ratusan pemilik jaring apung dipaksa membeli atribut berupa kaos berlogo media Buser," kata Lubis.

Tiga wartawan yang ditangkap yakni H M Mukarom, Dede Sukari dan Habib, sedangkan tiga orang lainnya masuk Daftar Pencarian Orang, Muklis (30), Hendra (25) dan Dede Irawan (35).

"Mereka mengancam, pemilik jaring dan petani harus membeli sebanyak lima buah kaos, agar aman dari aparat dalihnya," kata Lubis.

Warga yang merasa diresahkan dengan ulah oknum tersebut, akhirnya melaporkan perbuatan tersebut ke Mapolsek Ciranjang. "Saat ini ketiga sudah kami tahan dan masih menjalani pemeriksaan. Sedangkan tiga orang lainnya dalam pengejaran petugas karena saat hendak ditangkap berhasil melarikan diri," katanya.

Jeni Sopyan (27), pemilik jaring apung mengatakan, ulah wartawan tersebut meresahkan ratusan warga di kawasan Waduk Jangari, terutama pemilik japung sejak satu bulan terakhir. Bahkan seorang dari oknum tersebut sering memperlihatkan senjata api untuk menakut-nakuti korban agar membeli meskipun terpaksa.

"Ada yang bawa senjata api juga setiap menawarkan kaos biar kami takut mungkin," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index