Sejumlah Jalan Poros Akan Segera Diaspal

Sejumlah Jalan Poros Akan Segera Diaspal
ilustrasi

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) akan segera merealisasikan peningkatan (pengaspalan, red) jalan poros yang menghubungkan antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Kampung Suka Mulia Kecamatan Dayun.

Yang mana selama ini kondisi jalan poros tersebut masih berupa jalan koral, yang dianggap sulit untuk dilewati oleh kendaraan bermotor (roda dua, red). Apalagi di saat musim penghujan, banyak genangan air dan lumpur-lumpur berpasir yang menghiasi sepanjang jalan.

Sebagaimana dikemukakan oleh Iwan (35), salah seorang warga Kampung Pangkalan Makmur yang mengaku setiap hari melewati jalan poros tersebut.

"Kabarnya tahun ini jalan poros yang ada di kampung kami ini akan diaspal oleh Pemda Siak. Tentunya kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih kepada pak Bupati, karena selama ini jalan poros (penghubung, red) antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Suka Mulya memang sangat memprihatinkan, terutama saat habis turun hujan," papar Iwan, dilansir dari infosiakcom hari ini.

Berdasarkan informasi yang ditayangkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) melalui Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kabupaten Siak, Proyek peningkatan jalan poros Kampung Pangkalan Makmur – Suka Mulia itu, saat ini masih sedang dalam tahap pelelangan. Dan masih menunggu beberapa hari lagi untuk diketahui perusahaan yang akan ditunjuk selaku pihak kontraktor pelaksana.

Sementara, Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Arifin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Ardi Irfandi membenarkan, jika pada tahun 2017 ini Dinas PU Tarukim Siak akan merealisasikan peningkatan jalan poros yang menghubungkan antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Kampung Suka Mulia yang terdapat di wilayah Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

“Alhamdulillah, tahun 2017 ini kita akan merealisasikan pengaspalan jalan poros (penghubung, red) antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Suka Mulia, yang panjangnya sekitar Empat kilo meter. Dan pada tahapan berikutnya, insya Allah kita juga akan melakukan peningkatan (perbaikan, red) untuk jalan Pangkalan Makmur yang mengarah ke Jalan Besar," terang Ardi Irfandi.

Guna menjaga dan meminimalisir kerusakan jalan, pihak Dinas PU Tarukim Siak juga menyarankan agar kiranya masyarakat bisa membuat sebuah kebijakan pada jalan-jalan yang ada. Seperti memasang portal atau lain sebagainya, sehingga jalan-jalan yang telah dibangun oleh Pemda Siak itu nantinya bisa bertahan lebih lama.

"Untuk meminimalisir kerusakan jalan, hendaknya masyarakat bisa bersama-sama turut menjaga dan merawat jalan-jalan yang telah dan akan dibangun oleh Pemda, minimal dipasang portal pada titik-titik tertentu, sehingga kendaraan-kendaraan besar yang membawa muatan di atas standar normal tidak melintas di sana, karena kapasitas jalan aspal (jalan kabupaten) di Siak ini hanya berkekuatan sekitar 8 Ton, dan biasanya untuk kendaraan-kendaraan besar (truk) over tonase ada jalan alternatif," terang Ardi.

Lebih lanjut dijelaskan, selain melakukan pengaspalan untuk jalan poros Pangkalan Makmur – Suka Mulia, tahun ini Dinas PU Tarukim Siak juga akan merealisasikan pengaspalan untuk jalan poros yang terdapat di Kampung Sri Gemilang – Teluk Merempan Kecamatan Mempura.

"Pada tahun ini kita juga akan melakukan pengaspalan untuk jalan penghubung antara Kampung Sri Gemilang dengan Teluk Merempan, yang panjangnya ada sekitar Dua kilo meter, dan semua kegiatan itu kita realisasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat," tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index