Dialog Budaya Melayu Eratkan Hubungan 6 Negara Melayu

Dialog Budaya Melayu Eratkan Hubungan 6 Negara Melayu
Pembukaan Dialog Budaya Melayu. rilis

PEKANBARU (RA) - Dialog budaya melayu yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru, Riau berlangsung sejak 3 Desember lalu hingga hari ini 5 Desember 2012. Acara ini digelar berangkat dari penggalan sumpah Hang Tuah sang pahlawan Legendaris Melayu.

Acara dialog budaya melayu yang digelar di Hotel Premier serta Pameran di Balai Adat Melayu ini menggali khasanah kebijaksanaan budaya Melayu dari Generasi ke Generasi dari 6 negara dimana suku Melayu tersebar yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura dan Filipina. Sehingga dapat tercapai suatu ikatan persaudaraan yang lebih erat, program pelestarian budaya Melayu yang lebih terstruktur, dan pembelajaran dari filosofi budaya Melayu untuk diterapkan dalam kehidupan keseharian bermasyarakat karena budaya Melayu adalah milik semua.

Acara dengan para narasumber Datuk Haji Tenas Effendy, Bapak Mukhlis Pa Eni, Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Riau Drs Al Azhar, Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Endjat Djaenudrajat, Asisten 1 Setda Prov Riau H Abdul Latief, dan Narasumber Internasional Phaosan Jehwae dari Thailand.

"Ini merupakan rangkaian pertunjukkan Budaya Melayu yang menarik, dimulai Cuplikan Opera Tun Teja oleh Bandar Serai Orchestra, dilanjutkan dengan Pembacaan Puisi oleh Dr Phaosan Jehwae dari Thailand. Setelah itu akan ada Atraksi Permainan Anak Khas Melayu yang diiringi oleh Lagu “Keletah Budak”, dan kemudian penampilan dari bintang tamu Selvi KDI yang akan menyanyikan lagu–lagu Pop Melayu yang sudah sangat dikenal bahkan oleh masyarakat umum," ungkap Ketua Panitia Dialog Budaya Melayu dalam siaran persnya yang diterima RiauAktual.com pada Rabu (05/12/2012).

Keseluruhan pagelaran akan ditutup oleh Penampilan Makyong dari Kampung Keke, Tanjung Pinang pimpinan Tuk Mochtar. Acara selama 3 hari ini diikuti oleh 300 orang partisipan dari beragam lokasi di Indonesia dan dipadati dengan sesi Dialog (Workshop) dengan beragam tema dan narasumber dari berbagai Negara. (ra/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index