TPA An-nur Juara Umum MTQ ke 15 Kampung Tualang

Wabup Siak Apresiasi Peserta Lansia

Wabup Siak Apresiasi Peserta Lansia
Wakil Bupati Siak Alfedri menyerahkan paiala bergilir kepada Juara Umum MTQ XV Kampung Tualang.
Riauaktual.com - Wakil Bupati Siak Alfedri mengapresiasi pelaksanaan dan peserta Lanjut usia (Lansia) pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XV tingkat Kampung Tualang di halaman TPA An-nur RK 05 Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Selasa (28/3).
 
"Kita apresiasi pelaksanaan MTQ XV Kampung Tualang meningkat setiap tahunnya, seperti peserta Lansia Tilawah, ini merupakan terobosan baru pada perhelatan MTQ tahun ini, diperkirakan usia mereka 55 tahun berarti mereka lebih menghayati," ujar Alfedri.
 
Dijelaskannya, bahwa pelaksanaan MTQ di Kampung Tualang meningkat setiap tahunnya, hal itu dibuktikan dengan jumlah peserta meningkat, keramaian pengunjung yang hadir, hadiah yang menarik seperti gerobak angkong dan sekop, serta anak-anak muda kreatif yang membuat semarak acara siar agama ini. 
 
"Kita bisa lihat qori dan qoriah menunjukan kualitas dan kuantitas terbaik mereka untuk bersaing menjadi terbaik, pelaksanaan ini tidak hanya sebagai perlombaan saja tapi diamalkan dalam kehidupan sehari hari untuk menyiarkan agama islam ini," sebutnya.
 
Sebelumnya, lanjut Alfedri kita (kabupaten Siak) pernah menjadi juara dua pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau. 
 
"Itu merupakan berkat seleksi ketat dari awal seperti ini dan mengundang pembina dari luar daerah untuk melatih dan membimbing terus menerus para qori dan qoriah dalam mengamati, meniru dan mencontoh," imbuhnya.
 
Ia berharap, dengan pelaksanaan MTQ tingkat kampung ini dapat melahirkan para qori dan qoriah terbaik untuk bersaing ditingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi.
 
"Terpenting ambil hikmah dan bagiamana mengambil motivasi untuk mencintai Al Qur'an, tiada hari tanpa membaca alquran, perbaiki urusan kita sesama manusia dan perbaiki urusan kepada allah," pungkasnya. 
 
Sementara itu, Penghulu Tualang Jufrianto berharap kepada qori dan qoriah terpilih untuk terus giat berlatih agar nanti pada MTQ tingkat kecamatan dapat bertanding dengan maksimal, bagi juara umum agar dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi dimasa yang akan datang, jangan pernah puas dgn keberhasilan yang diraih.
 
"Kita berharap dengan MTQ ini dapat mencetak duta-duta qori dan qoriah terbaik guna mengikuti ajang pada MTQ tingkat kecamatan Tualang, sehingga diharapkan nantinya dapat bersaing dengan kafilah-kafilah dari kampung lain se kecamatan Tualang," ucap dia.
 
Jufrianto menginginkan Kampung Tualang menjadi yang terbaik di ajang MTQ tingkat Kecamatan Tualang. "Untuk tahun ini kami ambil tema tanjak, makanya hiasan astaka ada tanjaknya. Tak lain tujuannya untuk memboomingkan tanjak sebagai budaya melayu," tutupnya. 
 
Dilain pihak salah seorang peserta lansia Rositi (55), saat dijumpai mengaku senang dan tak menduga kalau dirinya bisa juara pertama. 
 
Pelaksanaan MTQ yang  berlangsung selama 3 hari tersebut, ditutup dengan pemukulan kompang oleh Wakil Bupati Siak, Penghulu Tualang Jufrianto, Camat Tualang Zalik Effendi, anggota DPRD Riau Sumiyanti, dan anggota DPRD Siak Gustimar. TPA An-nur RK 05 terpilih menjadi juara umum pada MTQ ke XV tingkat Kampung Tualang tersebut. (jas)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index