Latihan Penerbangan STPI Curug akan Dipusatkan di Bandar Udara Japura, Rengat

Latihan Penerbangan STPI Curug akan Dipusatkan di Bandar Udara Japura, Rengat
ilustrasi pesawat latih

Riauaktual.com - Bandar Udara Japura, Rengat, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau akan menjadi tempat latihan penerbangan atau Satelite Base Flight Training bagi taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.

Untuk memfasilitasi sarana latihan ini, setidaknya telah disiapkan sebanyak lima pesawat latih.

"Tempat pelatihan pernebangan hanya ada dua di Indonesia, yaitu Banyuwangi dan Curug. Jadi akan kita tambah di Riau (Japura). Pesawat pendukung untuk latihannya sudah ada lima pesawat," kata Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Wahju Satrio Utomo ketika ditemui usai melakukan teken MoU bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di kediaman Gubernur Riau, Rabu (29/3/2017) pagi.

MoU yang diteken langsung oleh Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman ini pun sedikit banyaknya menyangkut kerjasama pendidikan di bidang penerbangan. Salah satunya untuk menggunakan Bandara Japura Rengat untuk melakukan pendidikan penerbangan.

"Makanya kita buat kerjasama. Rencananya kita mau menggunakan yang di Rengat itu. Ini langkah awal sebelum menuju tingkat sekolah penerbangan yang lebih baik," tuturnya.

Menurut data yang dimilikinya, jumlah taruna yang berada di Japura saat ini ada sebanyak 50 taruna. Ia pun optimis, taruna-taruna yang berada di Riau itu bisa menjadi calon penerbang yang handal."Taruna di Rengat ada 50 orang. Riau pasti bisa. Di Papua saja kami berhasil mendidik 11 taruna menjadi penerbang yang baik. Memang tidak semudah sekolah-sekolah biasa," pungkasnya. (TR/MCR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index