Pertimbangkan Empat Hal ini Sebelum Buat Kartu Kredit

Pertimbangkan Empat Hal ini Sebelum Buat Kartu Kredit
ilustrasi

Riauaktual.com - Kartu kredit sering diidentikkan dengan gaya hidup berfoya-foya, boros dan merugikan. Padahal, anggapan tersebut keliru. Sebab, Bila digunakan dengan bijak dan cerdas kartu kredit justru akan menguntungkan penggunannya.

Selain bisa membuat hemat anggaran belanja lantaran ada berbagai promo diskon dan poin reward, kartu kredit juga bisa membantu penggunannya mengelola keuangan lantaran fungsinya sebagai alat mencatat pengeluaran.

Tidak heran, peminat kartu kredit semakin banyak jumlahnya. Nah, untuk Anda yang ingin membuat kartu kredit, artikel yang dikutip dari CekAja.com, pada Rabu 29 Maret 2017 ini wajib dipahami agar mendapatkan banyak keuntungan.

1. Kartu kredit perdana lebih sulit

Bila Anda baru akan mengajukan kartu kredit untuk kali pertama, kondisinya akan lebih sulit. Maklum, bank harus memverifikasi data Anda untuk memastikan Anda orang yang layak diberi kartu kredit. Beda halnya dengan orang yang sebelumnya sudah pernah menggunakan kartu kredit dan memiliki riwayat transaksi yang memuaskan.

Tapi, bila Anda memiliki pekerjaan, penghasilan tetap dan lolos BI Checking, biasanya persetujuan bank akan keluar dengan mudah. Sekadar saran, cari penerbit kartu kredit yang tidak mensyaratkan kepemilikan kartu kredit. Asal Anda jeli, ada banyak kok bank yang demikian.

2. Salah menggunakan kartu kredit akan merugikan

Sebelum mengajukan kartu kredit, sebaiknya tanyakan dulu pada diri Anda sendiri apakah Anda sudah siap untuk memiliki tanggungjawab ini. Maklum, banyak orang yang belum dewasa secara pemikiran menjadikan kartu kredit sebagai tambahan dana untuk belanja.

Cara pikir seperti ini yang biasanya membuat seseorang terlilit utang. Sebaiknya, buat dulu tujuan apa yang hendak dicapai dengan kartu kredit ini. Bila tujuannya positif, Anda bisa mendaftar sekarang. Tapi, bila tujuannya tidak bijak atau bahkan tidak memiliki tujuan sama sekali, sebaiknya tunda pengajuan kartu kredit Anda.

3. Kartu kredit yang cocok untuk kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan pilihan, ketahui dulu kartu kredit apa yang cocok untuk Anda. Misalnya, bila Anda menggunakan kartu kredit tersebut untuk kebutuhan traveling, cari kartu kredit yang memberikan banyak keuntungan untuk traveling seperti diskon hotel, tiket pesawat dan lain sebagainya.

Namun, bila kartu kredit tersebut diperuntukkan untuk tujuan belanja barang kebutuhan hidup, cari kartu kredit yang berikan banyak diskon belanja. Untuk mengetahui sekian keuntungan tersebut, Anda bisa langsung menanyakan pada pihak bank atau mecari tahu melalui website perbandingan produk finansial.

4. Rencana Anggaran dan Rencana Pembelanjaan

Bagi Anda yang baru mengajukan kartu kredit untuk kali pertama, cegah pemborosan dengan membuat perencanaan belanja. Ingat, rencana belanja ini harus disesuaikan dengan pemasukan tiap bulannya. Selanjutnya, catat pengeluaran apa saja yang bisa Anda lakukan dengan kartu kredit dan tetapkan limit Anda pada kartu kredit tersebut.

Maksudnya, bila kartu kredit tersebut digunakan untuk menghemat biaya makan di restoran, tetapkan limit pribadi Anda misalnya kartu kredit tersebut hanya boleh digunakan hingga Rp500 ribu dan seterusnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index