Dinas PUPR Pelalawan Berlakukan Absensi Print Mata

Dinas PUPR Pelalawan Berlakukan Absensi Print Mata
ilustrasi

Riauaktual.com - Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pelalawan sekarang tidak bisa seenaknya titip absen saat tidak masuk kerja.

Ini menyusul pemberlakuan aturan baru yang sangat ketat, terkait absensi pegawai, baik ketika masuk kerja maupun saat pulang. Dimana saat ini, Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan sudah memanfaatkan sistem retina mata (eye print/ bio matrik) saat absensi pegawainya.

"Ya, kita sudah menggunakan eye print dan sistem ini sudah dimulai hari ini atau Selasa (21/3) lalu. Absensi ini dipergunakan untuk 226 pegawai di dinas kita yakni untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 83 orang dan pegawai honorer sebanyak 143 orang," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pelalawan Ir Hasan Tua Tanjung MT, di Pangkalankerinci, hari ini.   

Lanjutnya, Eye print saat ini diakui merupakan alat pendata kehadiran lebih akurat, karena lewat retina mata. Alat tersebut beda dengan finger tangan, dimana kalau pakai finger sidik jari masih bisa ditipu oleh pegawai dengan menggunakan sidik jari orang lain. Kalau finger mata, harus menggunakan mata sendiri, tidak bisa diwakili dengan siapapun. (mc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index