Anggaran Pilkades Serentak Rohil 2017 Belum Jelas

Anggaran Pilkades Serentak Rohil 2017 Belum Jelas
ilustrasi

Riauaktual.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2017 yang akan diikuti sebanyak 101 Kepenghuluan di Kabupaten Rokan Hilir tampaknya menemui kendala. Pasalnya, hingga saat ini anggaran pelaksanaan Pilkades tersebut belum juga jelas.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Rokan Hilir, H. Jasrianto, S.Sos M.Si mengatakan, persiapan pelaksanaan Pilkades semuanya tergantung dengan ketersediaan anggaran.

"Kalau sudah ada anggaran baru kita bisa memulai melaksanakannya. Karena nanti kalau kita laksanakan tau-tau anggaran tidak ada panitia digesa pakai apa, dia mau bergerak, dia mau membuat Alat Peraga Kampanye (APK), dana panitia dan gajinya pakai apa, ini kendalanya sekarang," kata Jasrianto kemarin.

Ia berharap akhir Maret 2017 Alokasi Dana Desa (ADD) bisa segera cair, termasuk dana pelaksanaan panitia kabupaten yang nantinya untuk membeli surat suara, kotak suara, dan bilik suara.

"Kalau memang akhir Maret ini sudah cair, awal April ini kami sudah mulai rapat pembentukan panitia. Tapi kalau itu tidak pasti tentu menunggu laporan dari pimpinan," ucapnya.

Dinas PMD sendiri, sebut dia menargetkan awal April sudah mulai launching dalam arti kata mengundang instansi terkait, Camat, Penghulu, dan Badan Permusyawaratan Kepenghuluan (BPKep) untuk membentuk panitia.

"Tetapi semua itu tergantung ketersediaan anggaran. Kalau anggaran belum pasti bagaimana nanti orang itu bekerja. Panitia itu kalau sudah dibentuk tentu honor mereka jalan. Kuncinya dana itu," pungkasnya. (NR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index