Jangan Usik Suku Mante!

Jangan Usik Suku Mante!
Akun YouTube Fredography

Riauaktual.com - Orang dibuat penasaran oleh video yang menjadi viral di internet yang merekam sesosok manusia kecil berlari kencang dan menghilang di alang-alang. Asumsi muncul, sosok itu adalah anggota suku Mante, suku misterius dari Aceh.

Menarik bila mengamati komentar warga internet terhadap video yang diunggah oleh akun YouTube atas nama Fredography itu. Video tersebut berjudul 'HEBOH ! Kaget ada orang telanjang di hutan Aceh', yang diunggah pada 22 Maret lalu.

Sebagaimana yang dikutip dari detikcom pada Senin (27/3/2017), macam-macam komentar netizen ditulis di bawah video. Yang mengesankan, sebagian dari mereka ingin agar orang-orang Mante tak diusik oleh manusia modern.

"Setidaknya saya salut dgn penggugah video ini untuk tidak menyebutkan TKP secara detail...!! saya mengerti maksud anda!! respect....," kata akun Atto Item.

Pengunggah video memang tak mencantumkan lokasi peristiwa itu terjadi. Mereka sengaja memasang keterangan 'Jangan tanya di mana, akan tetap kami rahasiakan!'

Ada pula komentar dari akun Modul Makalah. Dia menyayangkan para pengendara motor yang mengejar sosok itu. "ngapain mesti dikejar pake parang? salah dia apa? kalian itu tamu, yg sopan masuk daerah mereka. org2 seperti ini yg membuat anak dalam makin terusik," tuturnya di kolom komentar.

Seperti biasa, namun disayangkan, komentar-komentar netizen acap kali diwarnai bahasa yang kelewat vulgar. Respons dari netizen lain juga seakan tak mau kalah. Terkadang kolom komentar ini menjadi ajang penggunaan bahasa-bahasa kasar.

"tak perlu mengusiklah.....hai orang modern....kalian emang sukanya mengusik kehidupan orang yg seperti itu...," kata love channel.

Akun faisal aruna mencoba menelaah adegan di video itu. Para pengendara motor itu jatuh karena kaget. Pilihan untuk mengejar makhluk itu adalah hal yang wajar, mengingat sifat manusia memang ingin tahu. Senjata yang ada di tangan orang-orang yang mengejar hanyalah untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi kemungkinan yang tak bisa dipastikan sebelumnya.

"untuk apa di kejar ? itu kan kampung dan rumah mereka, tamu yg wajib sopan," kata Evon Mangiri.

"Harusnya dikasih judul 'Penampakan Sekumpulan Manusia Modern yg Berfikiran Primitif Sedang Mengejar Manusia Primitif yg Hidup Dizaman Modern Mystery solved'..," tulis akun Joe Rockz.

Begitulah sekelumit komentar yang bertebaran di YouTube. Dari video terlihat, sosok kecil yang berlari cepat itu terlihat membawa sebilah kayu. Setelah dikejar menggunakan sepeda motor, sosok itu masuk ke semak-semak di sebelah kirinya. Kemudian para pengendara motor memeriksa dan menemukan sebilah kayu, entah itu kayu yang dipegang sosok kecil tadi atau bukan. Rekan yang lain memegang kamera.

Arkeolog dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Husaini Ibrahim, mengemukakan pendapatnya. Ciri-ciri sosok kecil itu mirip dengan sifat suku Mante yang selalu menghindari kontak dengan masyarakat luar. Terlepas dari ciri-ciri fisiknya, orang Mante adalah manusia juga.

"Jangan usik suku Mante. Mereka itu juga manusia biasa. Mereka punya hak memperoleh kehidupan yang layak," tutur Husaini.

Menurut Husaini, pemerintah wajib melindungi keselamatan suku terasing seperti mereka. Habitat mereka juga harus dijaga, yakni rimba belantara yang penuh kehidupan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index